APLIKASI DATA MINING PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS (STUDI KASUS PT. TIRTAKENCANA TATAWARNA)

Liusito, Franklin and Paseru, Debby and Suwanto, Thomas Christian (2015) APLIKASI DATA MINING PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS (STUDI KASUS PT. TIRTAKENCANA TATAWARNA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_FranklinLiusito.pdf

Download (963kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_FranklinLiusito.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin berkembang pula kemampuan dalam pengumpulan dan pengolahan data. Banyaknya data yang dihasilkan dari penggunaan teknologi informasi dalam semua bidang kehidupan menimbulkan kebutuhan untuk dapat memanfaatkan data tersebut. PT. Tirtakencana Tatawarna merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distribusi bahan bangunan. Untuk mengetahui barang-barang yang diminati konsumen dapat dilakukan dengan menganalisis data penjualan.
Data penjualan yang sudah ada akan diolah atau dianalisis untuk mengetahui barang yang laku dan kurang laku, sehingga perusahaan PT. Tirtakencana Tatawarna dapat mendistribusikan barang-barang yang kurang laku di wilayah tertentu ke wilayah yang barang-barang tersebut laku terjual. Data penjualan akan dianalisis menggunakan data mining menggunakan algoritma K-means. Data mining dimaksud untuk memberikan solusi nyata bagi para pengambil keputusan. Data mining ini menggunakan algoritma K-means di mana tujuan dari algoritma ini untuk membagi data menjadi beberapa kelompok. Algoritma ini menerima masukan tanpa adanya label kelas.
Metodologi yang digunakan untuk pembuatan aplikasi data mining menggunakan algoritma K-means adalah Rational Unified Process, kakas pemodelan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Unified Modeling Language dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP 5.3.
Hasil dari tugas akhir ini adalah aplikasi yang dibangun dapat membantu perusahaan sebagai gambaran dalam pengambilan keputusan dalam rangka mendapatkan pola penjualan sehingga perusahaan dapat melihat barang-barang yang diminati konsumen di beberapa wilayah secara mudah.

Kata Kunci: Data Mining, Algoritma K-means.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Liusito, FranklinNIM.10013020
Paseru, DebbyNIDN.0930097303
Suwanto, Thomas ChristianNIDN.0921128101
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:39
Last Modified: 11 Jan 2023 07:39
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item