TELLA, VIVI FEBRIANA and Tambajong, Helena Benedicta and MANGUNDAP, Annita Treesye Saphela Fransica (2021) PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM PENYELESAIAN SENGKETA GADAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_ViviTela.pdf Download (768kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_ViviTela.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
Abstract
Semua orang pada suatu waktu pasti akan menjadi konsumen pada suatu produk barang atau jasa tertentu. Namun pada dasarnya konsumen dan pelaku usaha tidak memiliki kedudukan yang sama yang akibatnya terkadang dapat menimbulkan konflik antara pihak konsumen dan pelaku usaha. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen memiliki tugas utama yaitu melakukan penanganan dan penyelesaian sengketa di antara konsumen dengan pelaku usaha. UUPK Pasal 6 ayat (2), (3), (4) menyebutkan bahwa hak pelaku usaha yaitu hak untuk mendapat perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak baik, hak untuk melakukan pembelaan diri sepatutnya di dalam penyelesaian hukum sengketa konsumen, hak untuk rehabilitasi nama baik apabila terbukti secara hukum bahwa kerugian konsumen tidak diakibatkan oleh barang dan/atau jasa yang diperdagangkan. Namun, pada faktanya masih ada pihak pelaku usaha yang merasa dirugikan dikarenakan pihak BPSK di dalam memutus sebuah perkara lebih memihak konsumen dan kurang mempertimbangkan hak-hak pelaku usaha yang sudah tercantum di dalam UUPK tersebut. Skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Metode yuridis normatif mengacu pada penulisan penulisan yang bersumber dari kepustakaan. Metode ini merujuk pada bahan hukum sekunder. Dari hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa peran BPSK dalam penyelesaian sengketa konsumen khususnya sengketa gadai, ditinjau dari UUPK dapat ditempuh melalui mediasi, arbitrase, atau konsiliasi. Kemudian dalam melaksanakan tugasnya BPSK tidak boleh hanya memihak konsumen saja, karena di dalam UUPK tidak hanya mengatur tentang konsumen melainkan juga tentang hak-hak dari pelaku usaha.
Kata Kunci: Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Penyelesaian
Sengketa, Gadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2022 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2022 03:55 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2604 |
Actions (login required)
View Item |