STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI PULAU LIHAGA

POLAR, MIRANDA ANASTASIA and Indriyanto, Machiko Nugraha and Kawatak, Steven Yones (2021) STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI PULAU LIHAGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_MirandaPolar.pdf

Download (960kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_MirandaPolar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sulawesi Utara merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak objek wisata, dimana objek wisata tersebar di beberapa kabupaten dan kota. Salah satu objek wisata yang dimiliki adalah Pulau Lihaga. Pulau Lihaga terletak di Gangga Satu, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi wisata yang dimiliki oleh Pulau Lihaga, untuk mengetahui strategi promosi yang telah dilakukan oleh pihak pengelola untuk mengembangkan objek wisata Pulau Lihaga, untuk mengetahui pendapat wisatawan mengenai objek wisata Pulau Lihaga dan pendapat wisatawan mengenai strategi promosi yang telah dilakukan oleh pihak pengelola, mengetahui fitur Instagram yang tepat untuk digunakan sebagai media promosi, dan strategi promosi yang tepat untuk direkomendasikan kepada pihak pengelola Pulau Lihaga dalam mengembangkan objek wisata Pulau Lihaga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang berdasarkan data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT dan matriks strategi SWOT. Pulau Lihaga memiliki banyak potensi wisata, dimana wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Lihaga dapat menikmati keindahan alam yang terdapat di Pulau Lihaga, dan juga bisa melakukan kegiatan olahraga air seperti canoeing, diving, dan snorkeling. Setelah menganalisa potensi-potensi wisata yang dimiliki oleh Pulau Lihaga, strategi promosi yang telah dilakukan oleh pihak pengelola, hingga pendapat wisatawan, peneliti menggunakan analisis SWOT untuk dapat merekomendasikan berbagai fitur yang dimiliki oleh aplikasi Instagram yang dapat diimplementasikan oleh pihak pengelola Pulau Lihaga dalam mengembangkan objek wisata Pulau Lihaga.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Potensi Wisata, Pendapat Wisatawan, Fitur Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
POLAR, MIRANDA ANASTASIANIM.19171030
Indriyanto, Machiko NugrahaNIDN.0924039102
Kawatak, Steven YonesNIDN.0929078001
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 10 Oct 2022 05:16
Last Modified: 10 Oct 2022 05:16
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item