SALINDEHO, CICILIA ANASTASIA and Tamboto, Fabyana Imelda and Mangundap, Jelvi Monica (2022) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KATOLIK ST. NIKOLAUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_CiciliaSalindeho.pdf Download (610kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_CiciliaSalindeho.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SD Katolik St. Nikolaus Talawaan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan jenis kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas III - VI SD Katolik St. Nikolaus Talawaan yang berjumlah 46 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner atau angket. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 68%. Selanjutnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 71,1%, dan secara bersamaan konstribusi yang diberikan kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 73,3% sendangkan sisanya 26,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian yang tidak termasuk dalam batasan penelitian ini. Dengan demikian terdapat penngaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Kreativitas guru yang baik dan tingkat motivasi belajar siswa yang baik bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas III – VI di SD Katolik St. Nikolaus Talawaan.
Kata Kunci: Kreativitas guru, Motivasi belajar, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2022 03:50 | ||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2022 03:50 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2514 |
Actions (login required)
View Item |