PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK PENGHASILAN BADAN DI KECAMATAN SIAU BARAT

KALANGIT, CILLIANI LIEN and Paath, Franki M. and Kakauhe, Anasstasya Claudio Inri (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK PENGHASILAN BADAN DI KECAMATAN SIAU BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_CillianKalangit.pdf

Download (882kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_CillianKalangit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pajak penghasilan badan adalah salah satu jenis pajak yang termasuk dalam pajak pusat. Pajak penghasilan badan wajib dibayar oleh suatu badan usaha sebagai bentuk partisipasi terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasioanl. Untuk meningkatkan pendapatan negara dibutuhkan kepatuhan dari wajib pajak dalam hal membayar pajak. Dengan adanya kualitas pelayanan, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajak yang baik diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak penghasilan badan di Kecamatan Siau Barat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Penghasilan Badan di Kecamatan Siau Barat.
Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di Kecamatan Siau Barat. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sanksi pajak dan pengetahuan perpajakan berpengaruh tidak signifikan. Secara simultan, kualitas pelayanan, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajak secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KALANGIT, CILLIANI LIENNIM.18041014
Paath, Franki M.NIDN.0925057101
Kakauhe, Anasstasya Claudio InriNIDN.0901099401
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:09
Last Modified: 26 Sep 2022 03:09
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item