OENTOMO, BILLY FERNANDO and Sitanayah, Lanny and Kumenap, Vivie Deyby (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN BIRO PROMOSI DAN ADMISI MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (Studi Kasus: Biro Promosi dan Admisi – Universitas Katolik De La Salle Manado). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_BillyOentomo.pdf Download (993kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_BillyOentomo.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Universitas Katolik De La Salle Manado (UKDLSM) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Sulawesi Utara. UKDLSM telah berdiri sejak tahun 2000 dan berlokasi di Kairagi I, Kombos, Kota Manado, Sulawesi Utara. Terdapat tujuh fakultas yang ada di UKDLSM saat ini, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Pariwisata. Selain itu di UKDLSM terdapat tujuh biro yang bertugas dalam bidang masing-masing. Salah satunya yaitu Biro Promosi dan Admisi. Biro Promosi dan Admisi merupakan biro yang bertugas untuk melakukan promosi dan mengatur administrasi untuk mahasiswa khususnya mahasiswa baru.
Pada saat ini Biro Promosi dan Admisi telah melaksanakan berbagai macam tugas dan tanggung jawab. Tetapi kinerja dari Biro Promosi dan Admisi sering tidak mendapat penilaian dari calon mahasiswa baru yang akan mendaftar ke UKDLSM. Hal ini disebabkan karena belum ada aplikasi untuk mengetahui apakah calon mahasiswa baru yang akan mendaftar ke UKDLSM sudah puas atau belum dengan kinerja dari Biro Promosi dan Admisi.
Salah satu metode untuk menghitung tingkat kepuasan yaitu Customer Satisfaction Index (CSI). Nilai kepuasan dari CSI dibagi menjadi lima kriteria yaitu 0%-20% sangat tidak puas, 21%-40% tidak puas, 41%-60% cukup puas, 61%-80% puas, dan 81%-100% sangat puas. Dengan mengimplementasikan metode CSI dalam sebuah aplikasi, maka dapat diketahui tingkat kepuasan dari calon mahasiswa baru yang akan mendaftar ke UKDLSM. Bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk membangun aplikasi untuk menganalisis tingkat kepuasan calon mahasiswa baru adalah PHP, Java, dan HTML.
Sampel yang digunakan untuk aplikasi ini adalah mahasiswa UKDSLM angkatan 2021. Dari hasil perhitungan yang dilakukan dalam aplikasi maka hasil yang didapatkan adalah 91,603%. Berdasarkan hasil tersebut dengan mengikuti kriteria yang telah ditentukan maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa angkatan 2021 sangat puas dengan kinerja yang telah dilakukan oleh Biro Promosi dan Admisi.
Kata Kunci: Biro Promosi dan Admisi, Customer Satisfaction Index, Bahasa Pemrograman
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2022 01:50 | ||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2022 01:50 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2507 |
Actions (login required)
View Item |