PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD KATOLIK 02 DON BOSCO PANIKI BAWAH

TULANDI, VEREN MILENIA JEANET and Lomban, Edino Ayub and Tiwow, Deiby N.F. (2022) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD KATOLIK 02 DON BOSCO PANIKI BAWAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_VerenTulandi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_VerenTulandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan fasilitas belajar dalam pembelajaran dapat membantu pelaksanaan kegiatan pembelajaran karena penggunaan fasilitas ini dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menelaah pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SD Katolik 02 Don Bosco Paniki Bawah. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah fasilitas pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas III SD Katolik 02 Don Bosco Paniki Bawah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas III SD Katolik 02 Don Bosco Paniki Bawah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang yang telah diperoleh dari jumlah peserta didik di kelas III SD Katolik 02 Don Bosco Paniki Bawah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik inferensial yang meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji T yang menggunakan one sample-test dapat diketahui bahwa nilai Thitung sebesar 80.562 dan Ttabel sebesar 1.677. Hasil penelitian yang telah dilakukan juga menjelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,926 dan dijelaskan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y yang disebut koefisien determinasi hasil dari pengkuadratan R. Diperoleh R2 sebesar 0,858 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel fasilitas belajar terhadap variabel motivasi belajar adalah sebesar 85,5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil tersebut, diambil keputusan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.

Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi belajar, Pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TULANDI, VEREN MILENIA JEANETNIM.18281001
Lomban, Edino AyubNIDN.0911117502
Tiwow, Deiby N.F.NIDN.0908049101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:00
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item