STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA BAHOI, KECAMATAN LIKUPANG BARAT

RINDU, TESHALONIKA FEBRIANTI and Lucia, Roosalina Hera and Ngenget, Stevanus (2022) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA BAHOI, KECAMATAN LIKUPANG BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_TeshalonikaRindu.pdf

Download (966kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_TeshalonikaRindu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Bahoi, desa ini merupakan bagian dari wilayah kecamatan Likupang Barat, yang memiliki keindahan flora dan fauna di antaranya ada hutan bakau (mangrove), kawasan pasir putih, dan panorama desa yang masih sangat alami. Dengan potensi pariwisata yang dimiliki Desa Bahoi maka diharapkan dapat mendorong pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara dan secara tidak langsung juga berdampak pada peningkatan ekonomi negara. Namun sangat disayangkan apabila Desa Bahoi tidak banyak dikenal oleh masyarakat atau wisatawan luas. Penelitian ini dilakukan dengan untuk untuk mengetahui cara pemerintah desa dan pengelola menyusun strategi promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di desa bahoi. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menyusun strategi promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di desa bahoi. Dan untuk menentukan strategi promosi yang dapat diterapkan di Desa Bahoi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah analisis SWOT yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Treath (ancaman). Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menunjukkan, pertama Strength, memiliki objek wisata yang indah dan panorama desa yang masih alami. Kedua Weakness, kurangnya SDM dalam bidang promosi serta promosi yang dilakukan belum optimal dilakukan. Ketiga Opportunity, memanfaatkan berbagai media untuk melakukan promosi dan penentuan target audience yang tepat agar promosi lebih terarah. Keempat Threat, promosi yang dilakukan di Desa Bahoi begitu rendah dibandingkan dengan desa wisata lainnya serta jaringan internet yang lambat.

Kata kunci: Desa Bahoi, strategi promosi, SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RINDU, TESHALONIKA FEBRIANTINIM.18071020
Lucia, Roosalina HeraUNSPECIFIED
Ngenget, StevanusNIDN.0917097602
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:10
Last Modified: 06 Sep 2022 07:10
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item View Item