ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI PADA RUAS JALAN IR. SOEKARNO KABUPATEN MINAHASA UTARA

TAKAALUMANG, SAMUEL and Manoppo, Fabian Johanes and Uguy, Richard W. V. (2020) ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI PADA RUAS JALAN IR. SOEKARNO KABUPATEN MINAHASA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_SamuelTakaalumang.pdf

Download (354kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_SamuelTakaalumang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jalan merupakan sebuah infrastruktur yang dibangun untuk mendukung pergerakan kendaraan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan tujuan yang berbeda-beda. Saat ini, sering ditemukan kerusakan pada infrastruktur jalan, baik jalan lokal maupun jalan arteri. Sering kali umur jalan di lapangan tidak sesuai dengan umur jalan yang sudah direncanakan. Mempertimbangkan manfaat jalan yang sangat penting, maka hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan dan pemeliharaan jalan merupakan prioritas yang perlu diteliti dan dikembangkan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan pada permukaan jalan, serta menentukan metode perbaikan yang sesuai berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi. Metode PCI (Pavement Condition Index) adalah metode yang digunakan pada penelitian ini. Penerapan PCI dilakukan dengan tahapan survei visual di lokasi penelitian, mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan, mengukur dimensi kerusakan yang meliputi panjang, lebar dan kedalaman, menghitung luas kerusakan, serta menganalisis kondisi kerusakan.
Penelitian ini dilaksanakan di ruas Jalan Ir. Soekarno arah Minahasa Utara
– Manado dengan jarak penelitian 4 kilometer. Berdasarkan hasil penelitian, jenis kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Ir. Soekarno arah Minahasa Utara - Manado adalah retak kulit buaya (alligator cracking), retak blok (block cracking), amblas (depression), lubang (potholes), dan pelepasan butir (raveling). Jenis kerusakan yang paling mendominasi adalah retak blok (block cracking). Sedangkan kerusakan yang paling banyak ditemui disepanjang ruas Jalan Ir. Soekarno arah Minahasa Utara – Manado adalah lubang (potholes).
Permukaan ruas jalan yang memiliki nilai PCI terendah terdapat pada segmen 7 ( km 3+000 – km 3+100) dengan nilai PCI = 24, dalam hal ini untuk klasifikasi nya segmen 7 termasuk dalam kategori Sangat Jelek (Very Poor). Agar kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tidak bertambah parah, maka diperlukannya tindakan perbaikan pada unit – unit perkerasan yang rusak, agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih tinggi.

Kata Kunci : Tingkat Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TAKAALUMANG, SAMUELNIM.16014006
Manoppo, Fabian JohanesUNSPECIFIED
Uguy, Richard W. V.UNSPECIFIED
Subjects: Teknik Sipil
UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:23
Last Modified: 05 Apr 2022 04:23
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item