Tumilantouw, Sweetly Gloria and Tambajong, Helena Benedicta and Lumowa, Valentino (2021) PERTANGGUNGJAWABAN BANK TERHADAP REKENING DANA SIMPANAN NASABAH BERDASARKAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR: 1/POJK.07/2013 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN SEKTOR JASA KEUANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_SweetlyTumilantouw.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_ISI-DAFTAR_PUSTAKA_SweetlyTumilantouw.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
Abstract
Perbankan memerlukan nasabah dalam melaksanakan kegiatan usahanya di sektor keuangan, sehingga nasabah dan bank mempunyai keterkaitan. Lembaga perbankan mempunyai kewajiban menjamin keamanan nasabah atas dasar kepercayaan dari nasabah untuk menyimpan dananya di bank. Namun, dari kasus yang ada bank belum sepenuhnya menjamin keamanan terhadap dana simpanan nasabah yang menyebabkan kerugian, akibat kesalahan atau kelalaian bank. Nasabah yang mengalami kerugian pada dana simpanannya wajib mendapatkan pertanggungjawaban dari bank. Penelitian hukum ini mengangkat perumusan masalah mengenai tanggung jawab bank terhadap rekening dana simpanan nasabah berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan bentuk penyelesaian sengketa yang terjadi antara bank dan nasabah. Tujuan penulisan dari skripsi ini untuk menganalisa dan mengetahui tanggung jawab bank terhadap nasabah yang dirugikan dana simpanannya dan memahami penyelesaian sengketa antara bank dan nasabah. Metode penelitian hukum ini adalah yuridis normatif yang menggunakan penelitian kepustakaan yaitu data sekunder, data primer dan bahan hukum lainnya. Metode pengumpulan datanya menggunakan studi kepustakaan yaitu mengumpul data sekunder dengan cara mengutip dan membaca dari buku, kamus, jurnal serta menganalisa dari peraturan perundang-undangan. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitiannya, bank bertanggung jawab mengganti kerugian yang dialami oleh nasabah dalam rekening dana simpanannya dan penyelesaian sengketa antara bank dan nasabah diselesaikan secara mediasi, konsiliasi dan arbitrase berdasarkan Badan Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan berdasarkan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan diselesaikan melalui mediasi, ajudikasi dan arbitrase.
Kata Kunci: Pertanggungjawaban Bank, Rekening Dana Simpanan Nasabah, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2022 04:35 | ||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2022 04:35 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2277 |
Actions (login required)
View Item |