MASENGI, GLORIA ESTER and Lontoh, Rietha Lieke and Waworga, Ricky (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_GloriaMasengi.pdf Download (894kB) |
|
PDF
BAB_ISI-DAFTAR_PUSTAKA_GloriaMasengi.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
Abstract
Penyebaran virus covid-19 di Indonesia membuat masyarakat banyak melakukan jual-beli secara online, karena ini pemerintah membuat kebijakan seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Social Distancing, yang membuat ruang gerak masyarakat terbatas. Kondisi pandemic menyebabkan industri e-commerce masih belum kondusif karena terusnya bertambah pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha seperti konsumen membeli alat kesehatan di platform online tetapi barangnya tidak sesuai deskripsi yang tertera dan alat kesehaan tersebut tidak pernah diterima oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui akibat
hukum terhadap pelaku usaha yang melakukan wanprestasi dalam transaksi jual-beli online di masa pandemi covid-19, 2)untuk menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen dalam melakukan transaksi jual beli online di masa pandemi covid-19. Menggunakan jenis penelitian yuridis-normatif, mengacu pada penelitian kepustakaan, menggunakan data primer dan data sekunder serta bahan hukum yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan yaitu pengumpulan data sekunder dengan cara membaca-mencatat, mengutip buku-buku, kamus, jurnal dan menganalisa peraturan yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas, juga dengan cara daring: mencari sumber-sumber dan data-data
mengenai hukum yang berasal dari internet sesuai kebutuhan penelitian. Analisa data dilakukan dengan metode analisis kualitatif. Kesimpulan dari rumusan masalah ialah kesepakatan yang dibuat antara para pihak penjual-pembeli harus memenuhi Pasal 1320 KUHPer. Pelaku usaha memiliki kewajiban memenuhi prestasinya, jika tidak memenuhi dianggap ingkar janji atau wanprestasi. Akibat wanprestasi tersebut, pelaku usaha harus mengganti rugi kepada para konsumen. Pengaruh pandemi ini bagi kondisi sosial-ekonomi, menyebabkan pola perilaku konsumen berubah dalam mengonsumsi barang, dan pelaksanaan peraturan yang melindungi para konsumen masih belum terlaksana dengan baik.
Kata Kunci : Akibat Wanprestasi Pelaku Usaha, Perlindungan Konsumen, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2022 01:44 | ||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2022 01:44 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2249 |
Actions (login required)
View Item |