PENGARUH KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK RESTORAN KOTA MANADO

PONAMON, STEFENY and Taroreh, Frankie J. H. and Honandar, Ignatia Rosali (2021) PENGARUH KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK RESTORAN KOTA MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_StefenyPonamon.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_StefenyPonamon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pajak Restoran adalah pajak atas pelayanan yang disediakan oleh restoran. Tarif pajak restoran ditetapkan paling tinggi sebesar 10% sesuai dengan Peraturan Daerah. Pajak restoran termasuk jenis pajak daerah yang memiliki kontribusi cukup besar dalam peningkatan pendapatan asli daerah. Untuk dapat meningkatkan pendapatan pajak daerah terutama pajak restoran dibutuhkan kepatuhan dari wajib pajak untuk mau membayar pajak. Namun saat ini masih banyak restoran yang ada di Kota Manado tidak patuh dalam membayar kewajiban mereka dalam hal ini pajak restoran. Akibatnya, menghambat pertumbuhan perekonomian dan pendapatan Kota Manado. Dengan adanya kesadaran, kualitas pelayanan pajak, pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Manado.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran, kualitas pelayanan pajak, pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Manado.
Populasi penelitian ini adalah wajib pajak restoran yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Manado. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 80 responden. Data pada penelitian ini diperoleh secara primer melalui angket. Metode penelitian yang digunakan adalah Disproportionate Stratified Random. Angket di uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji mulikoliniearitas, uji heteroskedastisitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian melalui analisis regresi linear berganda dan juga melalui uji t (parsial) menunjukkan bahwa kesadaran, kualitas pelayanan pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Manado. Sedangkan pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Manado. Dilakukan juga uji f (simultan) yang menghasilkan kesadaran, kualitas pelayanan pajak, pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Manado.
Kata Kunci: Kesadaran, Kualitas Pelayanan Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Restoran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PONAMON, STEFENYNIM.17041049
Taroreh, Frankie J. H.NIDN.0921107001
Honandar, Ignatia RosaliNIDN.0925058402
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 10 Dec 2021 06:57
Last Modified: 10 Dec 2021 06:57
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item