ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK BERAS BULOG MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)

Rawis, Britney Paskarin Veren and Saputro, Immanuela and Turang, Rinaldo (2021) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK BERAS BULOG MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_BritneyRawis.pdf

Download (788kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_BritneyRawis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pangan menjadi bagian yang sangat penting bagi manusia yang akan mempertahankan keberlanjutan kehidupannya. Kebutuhan pangan pokok dari masyarakat Indonesia adalah nasi terlebih khususnya masyarakat Manado. Tingkat konsumsi beras warga SULUT mencapai 139,15 kilogram per kapita per tahun, jauh lebih tinggi ketimbang kebanyakan konsumsi warga global yang 56,9 kilogram perkapita (Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara). Menjaga kondisi kualitas beras sangatlah penting. Kondisi beras BULOG yang beredar saat ini adalah beras yang kualitasnya dinilai masyarakat masih baik. Kualitas produk beras pada BULOG harus selalu baik tanpa adanya bahan-bahan kimia atau beras yang berbau dan berkutu. Untuk mengetahui kualitas produk beras yang dijual BULOG diperlukan sebuah sistem yang dapat menganalisis data tingkat kepuasan masyarakat terhadap beras BULOG.
Tugas akhir ini membuat aplikasi dengan menganalisis kepuasan masyarakat atas produk beras BULOG yang dihitung menggunakan metode customer satisfaction index. Metode customer satisfaction index (CSI) digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat secara keseluruhan dengan pendekatan yang menitikberatkan tingkat kepentingan dari atribut beras BULOG. Customer satisfaction index menjadi acuan BULOG dalam memperbaiki kualitas produk beras Premium yang dijual. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metodologi system development life cycle sebagai panduan pembangunan dan pemodelan unified modelling language sebagai perancangan sistem. Hasil akhir dari Tugas Akhir ini adalah sistem yang dapat membantu BULOG dalam menganalisis kepuasan masyarakat atas beras BULOG.

Kata Kunci : Customer Satisfaction Index, BULOG, Beras

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rawis, Britney Paskarin VerenNIM.17013052
Saputro, ImmanuelaNIDN. 0925057803
Turang, RinaldoNIDN.0909027703
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 13 Oct 2021 05:55
Last Modified: 13 Oct 2021 05:55
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item View Item