ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS TIKALA BARU KOTA MANADO

SALMON, TIRZA ESTER and Kerangan, Johanis and Jehosua, Agustinus (2020) ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS TIKALA BARU KOTA MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_TirzaSalmon.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_TirzaSalmon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Puskesmas merupakan pusat pengembangan kesehatan yang memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan pokok, dikembangkan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di Indonesia yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya tanpa mengabaikan kualitas pelayanan kepada individu. Puskesmas harus memiliki kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas guna memberikan kepuasan pada pasien yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. satunya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Tikala Baru.
Metode: Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian korelasional dengan metode pendekatan cross sectional dengan jumlah responden 80 responden.
Peneliti memilih desain penelitian cross sectional dikarenakan peneliti ingin meneliti variabel independen yaitu kualitas pelayanan kesehatan dan variabel dependen yaitu kepuasan pasien dalam waktu bersamaan dikarenakan keterbatasan waktu.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menggunakan uji chi square di peroleh nilai ρ value sebesar 0,005 dengan < α = 0,05 dengan demikian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Tikala Baru.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Tikala Baru.

Kata kunci: Kualitas layanan, kepuasan pasien
Referensi: 4 buku, 6 situs web resmi, 18 jurnal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SALMON, TIRZA ESTERNIM.15061207
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Jehosua, AgustinusUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 24 Mar 2021 07:26
Last Modified: 24 Mar 2021 07:26
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item