PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-5 TAHUN DI TK SANTA ANNA LAIKIT

TALENDO, DESIRE C. L. and Bunga, Asnet Leo and Ismanto, Amatus Yudi (2018) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH 4-5 TAHUN DI TK SANTA ANNA LAIKIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN-DAFTAR_ISI_DesireTalendo.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_DesireTalendo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang : Anak memiliki periode atau masa keemasan (golden age) dalam proses perkembangannya, masa keemasan (golden age) sendiri merupakan masa saat otak anak mengalami perkembangan yang paling cepat dalam pertumbuhannya. Dengan hal ini motorik halus dapat dikembangkan dangan stimulasi yang menyenangkan yaitu latihan Brain Gym pada anak. Gerakan-gerakan ringan dengan permainan melalui olah tangan dan kaki dapat memberikan rangsangan atau stimulus itulah yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Tujuan : penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian Brain Gym terhadap motorik halus pada anak usia prasekolah di TK Katolik Santa Anna Laikit. Metode : Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre eksperimental dengan rancangan one group pre-post test design untuk mengatahui pengaruh brain gym terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa TK Katolik Santa Anna Laikit dengan jumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan adalah Denver II dan latihan gerakan brain gym .Teknik sampling menggunakan total sampling. Analisis yang akan gunakan uji wilcoxon. Hasil : analisis statistik kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun sebelum dan sesudah diberikan brain gym pada tingkat kemaknaan 95% (α = 0,05) , diperoleh nilai signifikan ρ=0.000 (ρ=<0.05) artinya Ho ditolak. Kesimpulan : terdapat pengaruh brain gym terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah 4 – 5 tahun di TK Santa Anna Laikit. Sebagai saran, sebaiknya tenaga pengajar di TK dapat memberikan brain gym pada anak-anak setiap pagi sebelum belajar.
Kata kunci : Brain Gym, Motorik Halus, Anak Usia Prasekolah.
Kepustakaan : 14 buku, 6 jurnal (tahun 2009-2017)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TALENDO, DESIRE C. L.NIM.14061128
Bunga, Asnet LeoUNSPECIFIED
Ismanto, Amatus YudiUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:26
Last Modified: 22 Mar 2021 03:26
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item