EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STORYTELLING TERHADAP PERSONAL HYGIENE CUCI TANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK GMIM DORKAS KAMASI TOMOHON

TIMBULENG, BRIAN and Langelo, Wahyuny and Sasube, Laurensi Meity (2019) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STORYTELLING TERHADAP PERSONAL HYGIENE CUCI TANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK GMIM DORKAS KAMASI TOMOHON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_BRIAN_TUMBULENG.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_BRIAN_TIMBULENG.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Menurut World Health Organization (WHO), di beberapa negara berkembang prevalensi dilaporkan personal hygiene 6%-27% populasi umum, sedangkan pada tahun 2010 di Indonesia telah terdaftar sebesar 4.60%-12.5%. Di Indonesia pada tahun 2008 angka insiden mencapai 60-80% dan kematian sebesar 24% menyerang. Beberapa penelitian telah dilakukan di berbagai tempat dan beberapa hal telah diusahakan para petugas kesehatan untuk mencegah segala penyakit yang bisa menyerang anak-anak. Akan tetapi jarang pendidikan kesehatan tentang personal hygiene dilakukan di tempat pendidikan anak usia dini, seperti taman kanak-kanak dan PAUD ataupun taman bermain, kebanyakan dilakukan saat sang anak telah berada pada tingkat sekolah dasar.
Tujuan: Untuk menganalisis efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan metode storytelling terhadap personal hygiene anak usia dini di TK GMM Dorkas Kamasi.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pra Experiment dengan desain One Group Pre and Post Test Design dengan jumlah sampel 34 responden siswa dan siswi, dengan menggunakan analisa uji statistic Sign Wilcoxon Matched Pairs.
Hasil Penelitian: Berdasarkan analisa uji statistik memperoleh hasil signifikansi dengan p-value=0.001, yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan personal hygiene cuci tangan pada anak usia dini sebesar 50% setelah diberikan post-test.
Kesimpulan: Pendidikan kesehatan metode storytelling efektif terhadap personal hygiene cuci tangan pada anak usia dini.

Kata Kunci: Pendidikan kesehatan metode storytelling, personal hygiene cuci tangan, anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TIMBULENG, BRIANNIM.15061063
Langelo, WahyunyNIDN.0923068401
Sasube, Laurensi MeityNIDN.0924056901
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:44
Last Modified: 07 Jan 2021 02:44
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item