ANALISIS SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado)

Beteng, Stenly and Samadhi, T.M.A. Ari and Rachmadi, Ronald Albert (2014) ANALISIS SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_STENLY_BETENG.pdf

Download (863kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_STENLY_BETENG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengukuran kinerja BPBD Manado jika diukur dengan menggunakan Metode Balanced Scorecard. BPBD Manado merupakan salah satu organisasi milik pemerintah yang tujuan utamanya bukan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih kepada pelayanan untuk masyarakat. Dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat diketahui bahwa hubungan sebab akibat antara faktor pendukung kinerja dengan hasil yang dicapai pada setiap perspektif, sehingga BPBD dapat mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard (perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) menawarkan solusi pengukuran kinerja yang lebih menyeluruh dan komprehensif dalam suatu organisasi atau instansi.
Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Penulis melakukan pengukuran pada BPBD Kota Manado dengan menggunakan perhitungan kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat kota Manado dan karyawan BPBD pada tahun berjalan. Sampel yang diambil masing–masing berjumlah 384 responden untuk perspektif pelanggan dan 30 responden untuk perspektif proses bisnis internal dan persepktif pembelajaran dan pertumbuhan. Analisis dan interpretasi data dilakukan melalui data kualitatif.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variasi pencapaian hasil. Perspektif pelanggan masih dianggap kurang , sedangkan untuk 2 perspektif lainnya yaitu perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dianggap sudah cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, kinerja BPBD Kota Manado termasuk dalam kriteria cukup dengan beberapa saran dan perbaikan yang perlu dilakukan.

Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, BPBD Kota Manado

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Beteng, StenlyNIM.10012003
Samadhi, T.M.A. AriUNSPECIFIED
Rachmadi, Ronald AlbertNIDN.0918127201
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:54
Last Modified: 04 Dec 2020 02:54
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item