PENGARUH STRATEGI BISNIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

TAKUMANSANG, STEVIE JULIET and Paath, Franki M. and Poluan, Margie Ch. (2020) PENGARUH STRATEGI BISNIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_StevieTakumansang.pdf

Download (995kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_SteveTakumansang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen laba merupakan tindakan yang dilakukan oleh manajer perusahaan untuk mempengaruhi informasi yang terdapat dalam laporan keuangan dengan tujuan mengelabui stakeholder yang ingin mengetahui kinerja yang dimiliki oleh perusahaan untuk memastikan bahwa mereka berinvestasi di perusahaan yang tepat. Terdapat banyak faktor yang dapat memicu terjadinya praktik manajemen laba dalam sebuah perusahaan beberapa faktor tersebut seperti startegi bisnis, ukuran perusahaan, dan leverage.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari strategi bisnis, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 sampai 2019. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan terdapat 9 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan penelitian yang lebih menekankan pengumpulan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bisnis dan leverage berpengaruh secara signifikan positif terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan positif terhadap manajemen laba. Secara simutan, strategi bisnis, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.

Kata kunci: Manajemen laba, Stratrgi bisnis, Ukuran perusahaan, Leverage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TAKUMANSANG, STEVIE JULIETNIM.16041031
Paath, Franki M.NIDN.0925057101
Poluan, Margie Ch.NIDN.0919037401
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:28
Last Modified: 09 Nov 2020 07:28
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item