PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN “METODE E- LEARNING” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA USIA 12-16 TAHUN DI DESA TOULIANG KECAMATAN KAKAS BARAT

RUMAGIT, REYNALDI THEOFILUS and Wetik, Syenshie and Kerangan, Johanis (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN “METODE E- LEARNING” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA USIA 12-16 TAHUN DI DESA TOULIANG KECAMATAN KAKAS BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI-LAMPIRAN_ReynaldiRumagit.pdf

Download (827kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_ReynaldiRumagit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Bullying merupakan tindakan agresif seseorang yang dilakukan dengan sengaja yang membuat orang lain tidak nyaman bahkan sampai cidera yang berupa kontak fisik ataupun dengan kata-kata. Jika tidak di atasi akan menimbulkan dampak negatif pada remaja seperti takut, stress, depresi, konsentrasi belajar terganggu, rasa tidak ingin ke sekolah dan jika dibiarkan akan meningkatkan isolasi social, menarik diri dari lingkungan, bisa menyebabkan gangguan jiwa dan yang terburuk adalah bunuh diri.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode e-learning terhadap tingkat pengetahuan tentang perilaku bullying pada remaja usia 12-16 tahun di Desa Touliang Kecamatan Kakas Barat.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra experiment dengan desain penelitian the one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari remaja usia 12-16 yang berdomisili di Desa Touliang Kecamatan Kakas Barat, yang berjumlah 31 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan total sampling yang dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi.Waktu penelitian februari-juli 2020.
Hasil : Bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan metode e-learning terhadap peningkatan pengetahuan tentang perilaku bullying pada remaja usia 12-16 tahun dengan nilai p-value 0.000, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai p-value < 0.05.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan metode e-learning tentang perilaku bullying pada remaja usia 12-16 tahun di Desa Touliang Kecamatan Kakas Barat.
Kata Kunci: e-learning, bullying, pendidikan kesehatan, remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RUMAGIT, REYNALDI THEOFILUSNIM.16061137
Wetik, SyenshieUNSPECIFIED
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 08 Oct 2020 05:59
Last Modified: 08 Oct 2020 05:59
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1524

Actions (login required)

View Item View Item