Watupongoh, Christian D. and Taroreh, Frankie J. H. and Muaja, Octavianus M.T. (2014) ANALISIS PENGARUH SANKSI PERPAJAKAN DAN KUALITAS LAYANAN ACCOUNT REPRESENTATIVE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MENJALANKAN USAHA DI KOTA MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_CristianWaturongoh.pdf Download (409kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_ChristianWaturongoh.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi yang melaporkan SPT Pajak Penghasilannya yaitu hanya sebesar 7,6 juta orang dari target 9 juta orang di Indonesia. Masalah ini juga terjadi pada salah satu kota besar yaitu Kota Manado. Adanya penegasan sanksi perpajakan dan kualitas layanan account representative yang baik mungkin dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi khususnya yang menjalankan usaha di Kota Manado.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sanksi perpajakan dan kualitas layanan account representative terhadap kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha di Kota Manado.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantatif. Data didapat dari kuesioner yang diberikan kepada 99 Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha di Kota Manado. Kelayakan data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regeresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis determinasi. Uji kelayakan data dan hipotesis menggunakan aplikasi IBM Statistical Package for Social Science 21 (IBM SPSS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial sanksi perpajakan mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 2,014, kualitas layanan account representative sebesar 2,282 dan secara simultan keduanya berpengaruh sebesar 4,779 terhadap kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha di Kota Manado. Persentase sumbangan pengaruh sanksi perpajakan dan kualitas layanan account representative terhadap kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha sebesar 9,1%, sedangkan 90,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Sanksi Perpajakan, Kualitas Layanan Account Representative, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2020 08:10 | ||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2020 08:10 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |