PENGARUH FASILITAS WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI RUMAH ALAM MANADO ADVENTURE PARK

WAGIU, STACIA CLARESTA and Indriyanto, Machiko Nugraha and Koondoko, Yovanca Yully Feniaty (2020) PENGARUH FASILITAS WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI RUMAH ALAM MANADO ADVENTURE PARK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_StaciaWagiu.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_StaciaWagiu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang dapat meningkatkan taraf perekonomian, pendapatan suatu negara maupun pendapatan daerah. Di Indonesia, khususnya di provinsi Sulawesi Utara yang memiliki beragam kawasan wisata yang sedang berkembang dengan pesat yaitu kota Manado. Salah satu objek wisata yang sangat terkenal dan banyak diminati oleh para wisatawan adalah Rumah Alam Manado Adventure Park. Fasilitas dan kualitas pelayanan dari Rumah Alam Manado Adventure Park, belum pernah di ukur sebelumnya. Sehingga, harus di analisa untuk mengetahui persepsi dari fasilitas, dan kualitas pelayanan yang dirasakan langsung oleh wisatawan. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan Google form sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data responden akan diolah menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hubungan indikator tertinggi dengan nilai sebesar 56,1% pada variabel Kualitas Pelayanan (X2) terhadap variabel Kepuasan Wisatawan (Y); Indikator terendah memiliki nilai sebesar 48,6% pada variabel Fasilitas Wisata (X1) terhadap variabel Kepuasan Wisatawan (Y). Terdapat hubungan yang nyata atau signifikan antara variabel Fasilitas Wisata (X1) dan variabel Kualitas Pelayanan (X2) dengan variabel Kepuasan Wisatawan (Y) dengan nilai sebesar 81,4% sehingga hipotesis kerja dapat diterima. Keseluruhan hasil juga menunjukkan bahwa Rumah Alam Manado Adventure Park dapat diterima oleh pengunjung sebagai referensi dalam kawasan wisata yang patut dikunjungi karena pelayanannya yang baik.

Kata Kunci : Fasilitas Wisata, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WAGIU, STACIA CLARESTANIM.16071018
Indriyanto, Machiko NugrahaNIDN.0924039102
Koondoko, Yovanca Yully FeniatyNIDN.0913079005
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:59
Last Modified: 12 Aug 2020 06:59
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item