POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN TUNAN DI KABUPATEN MINAHASA UTARA

KNAB, MONICA JULIANTI MARIA MANDAGI and Semuel, Oktavianus Wayan and Lucia, Roosalina Hera (2020) POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN TUNAN DI KABUPATEN MINAHASA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_MonicaKnab.pdf

Download (334kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_MonicaKnab.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Negara Republik Indonesia adalah Negara yang dipenuhi dengan begitu banyaknya potensi-potensi sumber daya alam yang sangat indah juga sangat berlimpah serta memiliki peninggalan-peninggalan sejarah dan budaya yang beraneka ragam juga disebut sebagai salah satu surga dunia. Minahasa Utara adalah salah satu Kabupaten dari Sulawesi Utara di Negara Indonesia yang memiliki berbagai macam destinasi dan salah satunya adalah Objek Wisata Air Terjun Tunan. Penelitian ini diarahkan untuk mencapai tujuan dengan rumusan masalah yaitu apa saja potensi dan strategi di Objek Wisata Air Terjun Tunan di Kabupaten Minahasa Utara dengan latar belakang masalah yaitu kurangnya perhatian dari pemerintah dan masyarakat sekitar yang mengakibatkan fasilitas dan sarana di sekitar air terjun terbengkalai. Selain rusaknya fasilitas, menurunnya tingkat kebersihan sekitar objek wisata, dan tidak adanya jaminan keamanan, yang menjadikan objek wisata ini semakin kehilangan daya tarik dimata wisatawan. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2020 dengan tujuan untuk mengetahui potensi dan strategi pengembangan dari Objek Wisata air Terjun Tunan. Metode penelitian yang dilakukan untuk penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT dan terdiri dari data-data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi agar dapat mencapai rumusan permasalahan dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan potensi yang dimiliki Objek Wisata Air Terjun Tunan dalam menunjang pengembangannya dan beberapa implementasi strategi berdasarkan analisis SWOT yakni: Kesadaran masyarakat yang ikut serta dalam mengupayakan pengembangan objek wisata untuk mengoptimalkan usaha pemerintah dalam melakukan strategi promosi objek, pengadaan fasilitas yang cukup memadai yang telah disediakan pemerintah, menjalankan promosi yang telah dilakukan dan meminimalisir ancaman yang mungkin akan terjadi, membuat hal baru yang bisa menjadi keunikan tersendiri bagi objek wisata ini untuk menarik minat wisatawan berkunjung atau bahkan melakukan kunjungan kembali.

Kata kunci: Potensi, Strategi, Pengembangan, SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KNAB, MONICA JULIANTI MARIA MANDAGINIM.16271001
Semuel, Oktavianus WayanNIDN.0931108702
Lucia, Roosalina HeraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:10
Last Modified: 12 Aug 2020 06:13
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item