Hubugan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SD GMIM Lowu II Ratahan

RORONG, DEVIES FRISTIN and Wetik, Syenshie and Silva, M. Consolatrix da (2019) Hubugan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SD GMIM Lowu II Ratahan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB ISI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Dimasa sekarang ini sebagian anak sudah dibekali dengan gadget, sehingga
penggunaan gadget di kalangan anak bukanlah sesuatu yang asing. penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat berdampak buruk bagi perkembangan psikososial anak. hal ini ditandai dengan kurangnya interaksi sosial anak, anak lebih mementingkan gadget mereka.
Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah di SD GMIM Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara
Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menggunakan uji chi-sqare mendapatkan hasil dengan nilai p value sebesar 0,044 di mana p<0,05 sehingga dari hasil penelitian tersebut dinilai signifikan, artinya adanya hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah. Berdasarkan karakteristik penilaian diperoleh anak yang menggunakan gadget memiliki perkembangan psikososial yang kurang baik.
Kesimpulan : Terpaparnya anak usia sekolah dengan penggunaan gadget menjadikan anak memiliki perkembangan psikososial yang kurang baik, yang ditandai dengan anak kurang bersosialisasi dengan teman – teman sebaya maupun dengan masyarakat sekitar. Anak menjadi lebih sibuk dengan gadgetnya sendiri dan tudak memperdulikan orang disekitar mereka sehingga anak memiliki interaksi yang kurang baik. Dengan terlalu sering menggunakan gadget, anak masih belum bisa mengontrol emosi mereka, sehingga anak mudah marah dan mudah menangis.
Kata Kunci : penggunaan gadget, perkembangan psikososial anak usia sekolah.
Kepustakaan : 14 Buku dan 15 Jurnal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RORONG, DEVIES FRISTINNIM.15161217
Wetik, SyenshieUNSPECIFIED
Silva, M. Consolatrix daNIDN.0901085601
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 30 Apr 2020 08:20
Last Modified: 30 Apr 2020 08:20
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item