STRATEGI PEMASARAN USAHATANI STROBERI ORGANIK DI KELURAHAN RURUKAN I KECAMATAN TOMOHON TIMUR

Merung, Yoseph A. and Merung, Yoseph Arteurt and Kelana, Gracia (2013) STRATEGI PEMASARAN USAHATANI STROBERI ORGANIK DI KELURAHAN RURUKAN I KECAMATAN TOMOHON TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (429kB)
[img] PDF
4. Bab.1-5, Daftar Pustaka, Lampiran, Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Usahatani stroberi organik merupakan usaha yang dilakukan petani di Kelurahan Rurukan I Kecamatan Tomohon Timur. Berdasarkan survei tahun 2013, terdapat empat petani melakukan usahatani stroberi organik. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk usahatani stroberi organik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) pada produk, harga, tempat, promosi. Ekonomi usahatani digunakan sebagai alat analisis untuk menghitung biaya produksi yang berdampak pada penentuan harga dan pendapatan petani. Pemasaran dilakukan dengan dua cara yakni, pemasaran secara langsung yaitu masyarakat membeli langsung stroberi organik pada petani dan melalui relasi (Freshmart). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan usaha adalah kualitas produk yakni produk stroberi organik, petani telah memiliki relasi pemasaran dan lokasi usaha dapat dimanfaatkan untuk pemasaran. Kelemahan usaha adalah produk belum memiliki label karena modal dan kuantitas produksi masih kurang serta metode promosi yang konvensional. Peluang bisnis adalah diferensiasi produk, lokasi budidaya, usaha dengan bahan baku stroberi, hubungan dengan masyarakat, dan kemudahan penggunaan internet. Ancaman bisnis adalah masyarakat lebih mempercayai produk yang memiliki label, banyaknya buah-buahan lokal serta kebijakan pemerintah yang berpengaruh pada biaya produksi. Analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa usaha stroberi organik di Kelurahan Rurukan I berada pada kuadran I yang merupakan kuadran pertumbuhan. Petani harus mampu memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk memacu pertumbuhan usaha. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulannya adalah strategi-strategi yang tepat untuk usahatani stroberi organik yakni strategi diferensiasi produk, strategi peningkatan pendapatan, strategi pengembangan relasi, dan strategi promosi.

Kata kunci: Stroberi organik, Analisis SWOT, Pemasaran, Strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Merung, Yoseph A.NIM.09021009
Merung, Yoseph ArteurtNIDN.0904097101
Kelana, GraciaNIDN.0908018702
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:40
Last Modified: 10 Mar 2020 07:40
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item