EFEKTIVITAS BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK. KARYA SAMA MEMBANGUN DESA MATANGA KABUPATEN BANGGAI LAUT

Toluon, Fredrik and Yauri, Indriani and warouw, Herman J. (2016) EFEKTIVITAS BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK. KARYA SAMA MEMBANGUN DESA MATANGA KABUPATEN BANGGAI LAUT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img]
Preview
Image
Capture.PNG

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FREDRIK TOLUON (12061075).pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial merupakan salah satu proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, dan tradisi, meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Seorang balita yang mengalami keterlambatan perkembangan personal sosial dapat menimbulkan akibat yang kurang menguntungkan pada konsep diri anak sehingga timbul masalah pada perilaku dan emosinya. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek dari bermain peran terhadap perkembangan sosial pada anak usia prasekolah di TK. Karya Sama Membangun Desa Matanga. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan jenis rancangan control time design group pre-test and post-test dengan 30 orang responden. Sebelumnya, penelitian ini dilakukan pengambilan data awal (pre-test) untuk mengetahui tingkat perkembangan sosial anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi tugas perkembangan anak dalam bentuk checklist. Data di analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kontrol, dengan hasil diperoleh nilai p value = 0.001 (< 0,05). Dengan demikian bermain peran efektif terhadap perkembangan sosial pada anak usia prasekolah. Pemberian bermain peran tidak hanya dilakukan oleh tenaga pengajar tetapi dapat dilakukan juga oleh tenaga kesehatan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia prasekolah.
Kata Kunci : Perkembangan Sosial, Bermain Peran, Anak Usia Prasekolah
Sumber : 13 buku dan 19 Internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Toluon, FredrikNIM.12061075
Yauri, IndrianiNIDN.0911046702
warouw, Herman J.UNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 07 Jun 2018 05:17
Last Modified: 20 Oct 2020 02:14
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item