GAHANSA, LISILIA FRISKA IRFANA and Sinaga, Christina and Robot, Fredna (2012) HUBUNGAN TINDAKAN PERAWATAN LUKA POST OPERASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN EF FLAMBOYAN RUMAH SAKIT TINGKAT III ROBERT WOLTER MONGISIDI TELING MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
PDF
LISILIA FRISKA IRFANA GAHANSA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tindakan Perawatan luka merupakan suatu teknik dalam membersihkan luka dan membalut luka dengan tujuan mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Managemen perawatan luka operasi dalam perkembangannya menerapkan prinsip-prinsip sebagai berikut; luka operasi harus kering dalam waktu 3 hari pertama setelah terjadi luka, ganti kassa pembalut steril dengan yang baru, membersihkan luka dari segala materi yang menempel pada luka, keringkan area luka dan berikan betadin pada daerah luka, prinsip berikutnya adalah dengan
menutup luka dengan kassa pembalut luka sampai dengan jahitan diangkat atau dilepas. Petugas kesehatan haruslah memperhatikan pemeliharaan kesehatan pasien untuk kesembuhan pasien. Dalam memberikan pelayanan kesehatan diperlukan kualitas pelayanan dan hal-hal lainnya yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien sebagai penerima jasa pelayanan kesehatan. Maka dari itu,
Tingkat kepuasan pasien dapat diidentifikasi 5 kelompok karakteristik yang digunakan oleh pasien yaitu kehandalan (reliability), jaminan (assurance), kenyataan (tangibles), empati (Empathy), dan Ketanggapan (responsiveness) dapat
diukur oleh beberapa tingkat kepuasan yaitu Sangat tidak puas, Tidak puas, Puas, Sangat puas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Chi square. Metode
pengambilan Sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi. Jumlah sampel adalah 15 responden. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi, selanjutnya data yang terkumpul dimasukkan dalam master tabel kemudian data diolah untuk melihat hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap tindakan perawatan luka berdasarkan tingkat kepuasan Sangat tidak puas (STP), Tidak puas (TP), Puas (P), Sangat puas (SP). Penelitian ini di laksanakan pada tanggal 18 Juli – 01 Agustus 2012.
Hasil analisis menunjukkan nilai tertinggi dari tingkat kepuasan pasien terhadap tindakan perawatan luka post operasi sebagian besar adalah sangat puas. Maka dapat disimpulkan, tingkat kepuasan pasien di Ruangan EF Flamboyan RS. Tingkat III R.W. Mongisidi Teling Manado adalah tinggi. Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk petugas kesehatan khususnya di Ruangan EF Flamboyan RS. RS. Tingkat III R.W. Mongisidi Teling Manado lebih efektif lagi dalam melakukan tindakan perawatan luka terhadap pasien post operasi agar mendapatkan hasil yang memuaskan serta pelayanan kesehatan di tingkatkan lagi agar mendapat hasil yang optimal.
Kata Kunci : Kepuasan pasien dalam melaksanakan perawatan luka
Kepustakaan : 8 buku, 6 internet
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2020 05:33 | ||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2020 05:33 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/939 |
Actions (login required)
View Item |