ANALISIS SENTIMEN CUITAN DI TWITTER PADA PEMILIHAN PRESIDEN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Wongkar, Meylan and Mandala, Rila and Angdresey, Apriandy (2019) ANALISIS SENTIMEN CUITAN DI TWITTER PADA PEMILIHAN PRESIDEN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img]
Preview
PDF
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] PDF
2.Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF
2.Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] PDF
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Analisis sentimen merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat tingkat sentimen masyarakat atau opini masyarakat yang berkaitan dengan barang atau jasa bahkan seorang tokoh, baik itu tokoh politik maupun selebritis. Pada penelitian ini dilakukan pembangunan aplikasi sentimen analisis twitter terhadap calon presiden Republik Indonesia tahun 2019, dengan menggunakan bahasa pemrograman python. Ada beberapa tahap yang dilakukan untuk melakukan sentimen analisis ini, yaitu dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan library yang ada di python, text processing, pengujian data latih, dan klasifikasi teks dengan menggunakan metode Naïve Bayes.
Metode Naïve Bayes digunakan untuk membantu dalam mengklasifikasikan kelas atau tingkat sentimen dari masyarakat. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai polaritas sentimen positif pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin adalah 45,45% dan nilai negatif 54,55%, sedangkan pasangan Prabowo – Sandiaga mendapat nilai sentimen positif sebesar 44,32% dan negatif 55,68%. Selanjutnya dilakukan pengujian data gabungan dari data latih yang digunakan untuk masing – masing calon pasangan presiden dan mendapatkan hasil akurasi sebesar 80,90% ≈ 80,1%.

Kata kunci : Analisis sentimen, pemilu, Naïve Bayes, twitter,python.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wongkar, MeylanNIM.14013016
Mandala, RilaUNSPECIFIED
Angdresey, ApriandyNIDN.0924049201
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 18 Oct 2019 04:31
Last Modified: 22 Jan 2021 02:13
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item