THOMAS, FRANSISCO and Lomban, Edino Ayub and Sobon, Kosmas (2023) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 03 MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
|
PDF
COVER_DAFTAR-ISI_FransiscoThomas.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF
ABSTRAK_FransiscoThomas.pdf Download (148kB) |
|
|
PDF
BAB_I-LAMPIRAN_FransiscoThomas.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fransisco Jeremi Thomas. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SD Negeri 03 Manado. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik De La Salle Manado. Dosen Pembimbing (I) Edino Ayub Lomban, S.S., M.A (II) dan Kosmas Sobon, S.Fils., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 03 Manado. Dan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 03 Manado. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 03 Manado pada tahun pelajaran 2023 sebanyak 27 siswa. Pengambilan data diambil dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini dibuat oleh penulis bekerja sama dengan guru kelas VB SD Negeri 03 Manado dan teman sebaya. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar yang dicapai setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siklus I memperoleh nilai rata-rata 62 dengan persentase 44%. Pada Siklus II hasil belajar siswa yang diperoleh nilai rata-rata 65 dengan persentase 67%. Demikian juga observasi aktivitas guru ketika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match mengalami peningkatan pada Siklus I memperoleh persentase 86% dan Siklus II diperoleh 91%. Berdasarkan analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 03 Manado meningkat setelah proses belajar mengajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar, & Bahasa Indonesia.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
| Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 07:26 | ||||||||
| Last Modified: | 28 Nov 2025 07:26 | ||||||||
| URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
