UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DI WALE NE REIDEEN

Towoliu, Novelin and Kawatak, Steven Yones and Lucia, Roosalina Hera (2023) UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DI WALE NE REIDEEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_NovelinTowoliu.pdf

Download (688kB)
[img] PDF
ABSTRAK_NovelinTowoliu.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
BAB_I-LAMPIRAN_NovelinTowoliu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pariwisata menjadi suatu sector paling bergerak untuk mengembangkan perekonomian dan kesejahteraan serta merupakan media untuk meningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia atau SDM, karena erat kaitannya dengan SDM maka peningkatan kualitas pelayanan jasa sangat dibutuhkan untuk mendapatkan dampak baik dari wisatawan atau konsumen untuk itu diperlukan pengembangan secara keberlanjutan agar kualitas pelayanan SDM dan destinasi. Dalam penelitian ini peneliti metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif pada objek wisata Wale Ne Reideen yang biasa disebut Rumah Miring Tomohon adalah salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjugi oleh wisatawan. Yang menjadi daya tarik dari destinasi tersebut adalah bangunan yang sengaja dibuat miring dengan warna yang sangat menarik. Tidak hanya rumah miring, Wale Ne Reideen juga memiliki bangunan unik seperti ruko warna-warni, kincir angin, Santorini, pink moroccan, dan white cactus, tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto. Fenomena yang ditemui, bahwa pengembangan sumber daya manusia pada Wale Ne Reideen yaitu menggunakan pengembangan informal dengan menerapkan sistem kerja Try and Error, upaya lain yang dilakukan dalam pengembangan sumber daya manusia khususnya pada karyawan yaitu dengan meningkatkan produktivitas penggunaan tenaga kerja. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan maka proses pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan dari dua sumber data primer dan data sekunder.

Kata kunci: Pariwisata, Kualitas Pelayanan, Sumber Daya Manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Towoliu, NovelinNIM.19071013
Kawatak, Steven YonesNIDN.0929078001
Lucia, Roosalina HeraNIDN.0902127104
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:18
Last Modified: 04 Jul 2025 03:18
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item