Kumase, Rivani and Mandala, Rila and Suwanto, Thomas Christian (2016) E-LEARNING DENGAN KEMAMPUAN MEMERIKSA OTOMATIS SOAL ESAI MENGGUNAKAN ALGORITMA WINNOWING BERBASIS WEB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
Text
Rivani Kumase.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
Abstract
Teknologi informasi yang terus berkembang berpengaruh terhadap bidang pendidikan. E-learning merupakan proses belajar yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan jaringan Internet atau intranet.
Ujian dengan soal esai merupakan pengujian untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya, berbeda dengan soal pilihan ganda. Oleh karena itu jawaban dapat bervariasi sesuai pemahaman yang dibuat oleh siswa, sehingga membuat guru harus meluangkan banyak waktu dalam memeriksa jawaban.
E-learning dengan kemampuan memeriksa soal esai ini dibangun untuk membantu guru dalam memeriksa hasil ujian esai. Adanya aplikasi dapat membantu pemeriksaan jawaban soal esai menjadi lebih cepat dan nilai langsung dapat dilihat oleh siswa.
Pemeriksaan otomatis menggunakan Algoritma Winnowing dengan bahasa pemrograman PHP: Hypertext Preprocessor. Metodologi yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) dan menggunakan kakas pemodelan Unified Modelling Language (UML).
Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa semua fitur dalam aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Aplikasi ini dapat membantu guru dalam memeriksa jawaban soal esai dan langsung memberikan nilai secara otomatis.
Kata kunci: E-learning, Algoritma Winnowing, Ujian Online, Web.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 16 May 2018 01:30 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2020 07:47 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/41 |
Actions (login required)
View Item |