PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK KLINIK KECANTIKAN DENGAN KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG - UNDANG KESEHATAN

Lala, Aprillio Javier Pascalis and MANGUNDAP, Annita Treesye Saphela Fransica and Lontoh, Rietha Lieke (2024) PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK KLINIK KECANTIKAN DENGAN KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG - UNDANG KESEHATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_AprillioLala.pdf

Download (455kB)
[img] PDF
ABSTRAK_AprillioLala.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_AprillioLala.pdf

Download (97kB)
[img] PDF
BAB_I_AprillioLala.pdf

Download (189kB)
[img] Archive
BAB_II-LAMPIRAN_AprillioLala.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Penyelesaian Sengketa Medik Klinik Kecantikan dengan Konsumen Ditinjau dari Undang-Undang adalah sebuah penelitian yang penulis lakukan untuk menggambarkan bagaimana tanggung jawab perdata dalam menanggapi kasus malpraktik yang terjadi di Indonesia serta bagaimana solusi penyelesaian permasalahan tersebut. Penyelesaian sengketa medik klinik kecantikan menjadi penting dalam konteks perlindungan konsumen dan pemenuhan standar kesehatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tanggung jawab perdata terhadap tindakan malpraktik yang tidak sesuai dengan perjanjian terapeutik dan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian sengketa medik antara klinik kecantikan dengan konsumen ditinjau dari Undang-Undang Kesehatan. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan metodologi yuridis normatif, sehingga sebagai bahan kajiannya penulis menggunakan sumber-sumber berupa Undang-Undang, juranl ilmiah, artikel ilmiah, buku-buku, kamus hukum dan hasil-hasil penelitian lainnya. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa kasus malpraktik masih banyak terjadi di Indonesia, ketika terjadi malpraktik maka akan timbul pertanyaan tentang bagaimana tanggung jawab dari dokter. Dokter harus bertanggung jawab atas perbuatannya serta berkewajiban untuk memberikan ganti rugi kepada pasien. Kasus malpraktik yang terjadi di Indonesia bisa diselesaikan lewat jalur litigasi dan jalur non litigasi, fokusnya adalah pada upaya-upaya yang tersedia bagi dokter dan pasien untuk menyelesaikan sengketa tersebut. Penulis menyarankan beberapa hal sebagai berikut: Dokter harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian dengan cara mematuhi etika dan standar praktik yang berlaku untuk mencegah terjadinya malpraktik. Penegakan hukum yang ketat sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya malpraktik. Terjadinya kasus malpraktik dalam layanan kesehatan di Indonesia, maka sengketa medik tersebut terutama harus diselesaikan dengan menggunakan cara yang sederhana dan efisien lewat jalur non-litigasi.

Kata Kunci: Klinik Kecantikan, Malpraktik, Sengketa Medik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Lala, Aprillio Javier PascalisNIM.19051066
MANGUNDAP, Annita Treesye Saphela FransicaNIDN.0902047801
Lontoh, Rietha LiekeNIDN.0910046201
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:15
Last Modified: 05 Feb 2025 02:15
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3926

Actions (login required)

View Item View Item