HUBUNGAN PERAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN MOTIVATOR DENGAN PENCEGAHAN INTERNET GAME DISORDER PADA SISWA USIA SEKOLAH DASAR DI SD KATOLIK 03 FRATER DON BOSCO MANADO

RORING, SEPTIANI CLARITA PATRICIA and Ake, Julianus and Wetik, Syenshie Virgini (2023) HUBUNGAN PERAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN MOTIVATOR DENGAN PENCEGAHAN INTERNET GAME DISORDER PADA SISWA USIA SEKOLAH DASAR DI SD KATOLIK 03 FRATER DON BOSCO MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR-SeptianiRoring.pdf

Download (584kB)
[img] PDF
ABSTRAK-SeptianiRoring.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI-SeptianiRoring.pdf

Download (99kB)
[img] PDF
BAB_I-SeptianiRoring.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN-SeptianiRoring.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi sudah semakin maju khususnya yang booming pada saat ini yaitu adanya game online yang diminati oleh siswa sekolah dasar. Dampak dari peningkatan jumlah pemain game online telah terjadi masalah yang semakin marak diketahui oleh masyarakat yaitu Internet Game Disorder (IGD). Peran guru sebagai pendidik dan motivator sangat penting bagi siswa untuk mencegah terjadi kecanduan bermain game online.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik dan motivator dalam mencegah Internet Gaming Disorder pada siswa di sekolah
Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di SD Katolik 03 Frater Don Bosco Manado, Populasi adalah Seluruh guru yang mengajar di SD tersebut yang berjumlah 33 guru. Metode yang di gunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode total sampling.
Hasil: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara peran guru sebagai pendidik dengan pencehagan internet gaming disorder dengan nilai p value 0,052, yang menunjukkan nilai yang lebih besar dari nilai signifikansi α < 0,005. sedangkan pada peran guru sebagai motivator dengan pencegahan internet gaming disorder terdapat hubungan yang signifikan dengan nilai p value 0.004 dimana menunjukkan nilai lebih besar dari nilai signifikansi α < 0,05. Ketiga variabel memiliki hasil yang baik tapi hanya ada dua variabel yang berhubungan.
Kesimpulan: peran guru sebagai motivator merupakan faktor yang mempengaruhi pencegahan internet gaming disorder pada anak usia sekolah dasar, dengan upaya yang dilakukan guru yaitu memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk lebih memfokuskan diri dalam pengembangan prestasi dan bakat yang dimiliki siswa.

Kata Kunci: Peran guru, Pendidik, Motivator, Internet Gaming Disorder
Kepustakaan : 30 Jurnal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RORING, SEPTIANI CLARITA PATRICIANIM.19061041
Ake, JulianusUNSPECIFIED
Wetik, Syenshie VirginiNIDN.0907098402
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 26 Nov 2024 00:55
Last Modified: 26 Nov 2024 00:55
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item View Item