MODEL SIMULASI PELAYANAN PADA UPTD PUSKESMAS AIRMADIDI

Wuisan, Vincensius Kawai and Raton, Yulius Christian and Rachmadi, Ronald Albert (2023) MODEL SIMULASI PELAYANAN PADA UPTD PUSKESMAS AIRMADIDI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_VincensisusWuisan.pdf

Download (372kB)
[img] PDF
ABSTRAK_VincensisusWuisan.pdf

Download (12kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_VincensisusWuisan.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
BAB_I_VincensisusWuisan.pdf

Download (19kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_VincensisusWuisan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas adalah singkatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat, yang merupakan salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan pertama yang ada di Indonesia. Tujuan utama puskesmas adalah memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau, merata, dan berkualitas kepada masyarakat. Proses pelayanan pada bagian poli di puskesmas Airmadidi sering terjadi penumpukan antrian yang cukup banyak khususnya pada hari-hari pasar. Biasanya antrian timbul dikarenakan banyak masyarakat yang awalnya pergi ke pasar juga datang ke puskesmas. Antrian yang panjang dan lama bisa merugikan pasien dikarenakan banyaknya waktu yang terbuang selama menunggu untuk dapat dilayani. Pihak puskesmas juga mengalami kerugian diakibatkan berkurangnya efisiensi dan efektivitas kerja dan menimbulkan kesan negatif untuk masyarakat. Masyarakat mengharapkan mendapatkan pelayanan yang cepat dan memuaskan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk memperoleh model simulasi sistem pelayanan yang dapat mengurangi penumpukan antrian serta waktu tunggu pasien dan mengoptimalkan proses pelayanan pada bagian poli di UPTD Puskesmas Airmadidi. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode simulasi antrian menggunakan Aplikasi ProModel. berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dibuat , Pada sistem nyata rata-rata pasien terlayani perhari berjumlah 31 orang, waktu rata-rata pasien berada dalam sistem sebesar 14,43 menit dan waktu rata-rata pasien menunggu sebesar 1,83 menit. Persentase utilization paling ideal poli di Puskesmas ada pada skenario 2 dengan nilai utilization setiap poli masing 64,26, 56,25 dan 50,81sebesar 58,35%Skenario paling ideal adalah skenario 2. Dalam skenario 2 dapat dilihat bahwa waktu pelayanan dan waktu tunggu cukup tinggi namun total exits paling tinggi diantara skenario lainnya. Pihak UPTD Puskesmas Airmadidi dapat mempertimbangkan penerapan skenario 2 dimana skenario tersebut dapat meningkatkan atau menaikan utilitas.

Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, Simulasi, antrian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wuisan, Vincensius KawaiNIM.19012008
Raton, Yulius ChristianNIDN.0409077102
Rachmadi, Ronald AlbertNIDN.0918127201
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:51
Last Modified: 08 Oct 2024 04:51
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3760

Actions (login required)

View Item View Item