WAHANI, MARGARETHA WEHELMINA and Kerangan, Johanis and Sasube, Laurensi Meity (2002) PENGARUH EDUKASI AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA TENTANG KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI SMKN 6 MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_MargarethaWahani.pdf Download (538kB) |
|
PDF
ABSTRAK_MargarethaWahani.pdf Download (449kB) |
|
PDF
DAFTAR_ISI_MargarethaWahani.pdf Download (101kB) |
|
PDF
BAB_I_MargarethaWahani.pdf Download (97kB) |
|
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_MargarethaWahani.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Bencana alam dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, sampai dampak psikologis. Salah satu jenis dari bencana alam adalah gempa bumi. Berdasarkan hasil di lapangan didapatkan bahwa tidak adanya kegiatan safety breafing setiap pagi sebelum memulai pelajaran yang seharusnya dilakukan, belum adanya jalur evakuasi, tidak ada peringatan tanda bahaya seperti sirine.
Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi audio visual terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa tentang kesiapsiagaan mengahadapi bencana gempa bumi di SMKN 6 Manado.
Metode : Penelitian ini menggunakan quasi eskperimen dengan kelompok kontrol (non-equivalent control group pretest-posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 6 Manado jurusan Keperawatan yang berjumlah 126 siswa. Jumlah 20 sampel pada setiap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sehingga terdapat 40 sampel dalam seluruh jumlah subjek penelitian. probability sampling dengan pendekatan pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling). Waktu penelitian 16-30 Juni 2023.
Hasil : Pengetahuan sebelum diberikan edukasi audio visual memiliki pengetahuan cukup sebesar 100% dan sesudah diberikan edukasi audio visual pada kelompok eksperimen dalam kategori baik sebesar 100%. Sebelum diberikan simulasi evakuasi mandiri pada kelompok eksperimen keterampilan siswa dikategorikan tidak terampil sebesar 100% dan setelah diberikan simulasi evakuasi mandiri pada kelompok eksperimen keterampilan siswa dikatakan terampil sebesar 70%. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p-value 0,000yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan : Pemberian edukasi audio visual berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi di SMKN 6 Manado
Kata kunci : Gempa Bumi, Audio Visual, Simulasi Evakuasi, Pengetahuan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:24 | ||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 06:24 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3737 |
Actions (login required)
View Item |