UMBOH, CHRISTIANDI LADI and Wantouw, Ferry and Uguy, Richard W. V. (2021) ANALISIS KONDISI PERMUKAAN RUAS JALAN IMANDI TAMBUN UUWAN DENGAN METODE ROAD CONDITION SURVEI BINA MARGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_CristiandiUmboh.pdf Download (195kB) |
|
PDF
ABSTRAK_CristiandiUmboh.pdf Download (56kB) |
|
PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_CristiandiUmboh.pdf Download (199kB) |
|
PDF
BAB_I_CristiandiUmboh.pdf Download (195kB) |
|
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_CristiandiUmboh.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Jalan merupakan infrastruktur transportasi darat yang berfungsi untuk menghubungkan berbagi wilayah. Namun seiring berjalannya waktu kerusakan pada jalan bisa saja terjadi yang dapat menimbulkan kerugian bagi banyak pihak termasuk para pengguna jalan itu sendiri. Pada dasarnya perencanaan umur perkerasan jalan di desain dalam kurun waktu 19-20 tahun, yang diharapkan tidak terjadi kerusakan pada lima tahun pertama. Sehingga diperlukan penelitian untuk menentukan kondisi ruas jalan yang ditinjau. Dalam penentuan kondisi ruas jalan yang ada digunakan metode Road Condition Survei (RCS) Bina Marga yang dapat diterapkan pada survei jalan beraspal maupun jalan yang berupa tanah/kerikil. Penggunaan metode RCS ini dilakukan pada ruas jalan Imandi – Tambun – Uuwan STA 0+000 s.d STA 5+000 dengan cara melakukan pengamatan kerusakan yang ada pada setiap segmen yang ditinjau, yang kemudia dilakukan analisis data survei yang didapatkan dari hasil survei RCS dapat digunakan beberapa metode salah satunya metode Surface Distress Index (SDI). Metode SDI adalah metode penilaian tingkat kerusakan pada jalan agar kita dapat mengetahui gambaran kondisi permukaan perkerasan pada jalan sehingga bisa menjadi acuan dalam pelaksanaan pemeliharaan ataupun perbaikan jalan pada kemudian hari. Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Imandi – Tambun – Uuwan STA 0+000 s.d 5+000 dengan melihat kondisi permukaan jalan pada ruas tersebut. Pelaksanaan survei ini dilakukan secara langsung dengan menggunakan alat ukur berupa meter rol dan cat semprot. Pada pelaksanaan survei setiap segmen dibagi menjadi 50 meter dan penilaian tingkat kerusakan yang ada ditinjau berdasarkan formulir survei RCS Bina Marga, dimana formulir ini akan memudahkan untuk mendapatkan menentukan nilai SDI dari setiap segmen yang ditinjau. Hasil pelaksanaan survei langsung ini akan menentukan tingkat kerusakan yang ada pada ruas jalan yang di tinjau. Setelah dilakukan survei maka selanjutnya dilakukan analisis data dan menentukan nilai SDI pada setiap segmen. Dalam menentukan nilai SDI dilakukan dengan menggunakan persamaan yang ada pada metode SDI Bina Marga. Setelah memperoleh nilai SDI maka dapat menentukan kondisi permukaan jalan pada setiap segmen yang ada. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan persamaan yang ada, disimpulkan bahwa kondisi permukaan ruas jalan Imandi – Tambun – Uuwan STA 0+000 s.d STA 5+000 berada pada kondisi baik dengan kerusakan kecil pada beberapa segmen dan penanganan jalan yang dapat dilakukan yaitu pemeliharaan rutin.
Kata Kunci: Metode Road Condition Survei (RCS), Metode Surface Distress Index (SDI), Kerusakan Jalan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | Teknik Sipil UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2024 07:20 | ||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2024 07:20 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3705 |
Actions (login required)
View Item |