FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN VASCULAR DISEASE DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM GMIM KALOORAN AMURANG

RUMOPA, LUCIANA DEWI and Kerangan, Johanis and Langelo, Wahyuny (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN VASCULAR DISEASE DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM GMIM KALOORAN AMURANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] Text
Luciana Dewi Rumopa_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Kecepatan dan ketepatan (response time) pelayanan masih menjadi permasalahan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit baik swasta maupun
negeri. Kecepatan dan ketepatan merupakan Standart Pelayanan Minimal yang harus dicapai petugas khusunya perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kepuasan pasien/pelanggan merupakan sebuah indikator keberhasilan sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit teramasuk di IGD.. Faktor yang menunjang keberhasilan
pelayanan tersebut adalah response time dan fasilitas penunjang.
Tujuan penelitian: Ini adalah unutk melihat hubungan antara faktor response time dan fasilitas dengan kepuasan pasien di IGD RSU GMIM Kalooran Amurang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan ChiSquare.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 49. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lkuesioner dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa response time perawat di IGD RSU GMIM Kalooran Amurang adalah lambat dengan kepuasan pasien rendah atau tidak puas p value 0,016 n. selain itu juga hasil persepsi pasien tentang fasilitas tidak lengkap dengan kepuasan pasien renda p value 0,36.
Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu terdapat hubungan antara response time dengan kepuasan pasien serta ada hubungan antara persepsi
fasilitas dengan kepuasan pasien. maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara faktor response time dan fasilitas terhadap kepuasan pasien.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Vascular Deseases, Response Time, Fasilitas,
Kepustakaan : 10 buku dan 14 jurnal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RUMOPA, LUCIANA DEWINIM.13061049
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Langelo, WahyunyNIDN.0923068401
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 01 Nov 2018 07:32
Last Modified: 05 Feb 2021 00:46
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item