PRADANA, ZULFIKAR GUSTI PUTRA and Raton, Yulius Christian and Rumambi, Ramon Charles (2023) ANALISIS KINERJA PELAYANAN MOBIL PENUMPANG UMUM DI MINAHASA UTARA(Studi Kasus : Trayek Airmadidi - Kauditan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_ZulfikarPradana.pdf Download (661kB) |
|
PDF
ABSTRAK_ZulfikarPradana.pdf Download (131kB) |
|
PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_ZulfikarPradana.pdf Download (209kB) |
|
PDF
BAB_I_ZulfikarPradana.pdf Download (135kB) |
|
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_ZulfikarPradana.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Berpengaruhnya transportasi bisa dilihat dari meningkatnya kebutuhan akan jasa MPU untuk melakukan bepergian atau mengangkut barang. Penggunaan MPU sebagai sarana transportasi umum. Berperan sangat penting bagi aktivitas disuatu tempat yang dapat menetapkan pertumbuhan sosial dan perdagangan pada satu daerah.
Kinerja juga mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan. Seseorang akan merasa puas apabila kinerja terjadi sesuai atau melebihi harapannya. Oleh karena itu kepuasan pengguna menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan keberhasilan suatu perusahaan maupun instansi dalam mengoperasikan barang dan jasa.
Penelitian kinerja pelayanan mobil penumpang umum yang dilakukan berlokasi di Minahasa Utara dengan trayek Airmadidi – Kauditan. Dikarenakan belum pernah diadakan penelitian yang dilakukan pada trayek ini sebelumnya, maka penulis bermaksud untuk mencari tahu kinerja pelayanan mobil angkutan umum trayek tersebut apakah sudah sesuai dengan standarisasi yang ada.
Pada trayek Airmadidi – Kauditan memiliki load factor yang sangat tinggi namun jumlah penumpang tidak mencukupi standar minimum SK Dirjen, hal ini disebabkan oleh jumlah kendaraan yang beroperasi terlalu banyak sehingga menyebabkan waktu henti terlalu panjang, maka MPU tidak bisa beroperasi banyak kali.
Dari hasil pengolahan yang dianalisa, dapat diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kinerja pelayanan mobil penumpang umum pada trayek Airmadidi – Kauditan. Berdasarkan 8 indikator SK Dirjen No.687/AJ.206/DRJD/2002 yang memenuhi 62,5% dan tidak memenuhi bernilai 37,5%., sedangkan tingkat kepuasan penumpang bernilai sebesar 76,93% atau berkategori baik.
Kata Kunci : Angkutan Umum, MPU, Kinerja Pelayanan Angkutan Umum, Kepuasan Penumpang Angkutan Umum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | Teknik Sipil UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:05 | ||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:05 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3631 |
Actions (login required)
View Item |