IMPLEMENTASI ALGORITMA C5.0 UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO)

Tulenan, Joshua and Paseru, Debby and Kairupan, Indah Yessi (2023) IMPLEMENTASI ALGORITMA C5.0 UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-LEMBARAN_PENGESAHAN_JoshuaTulenan.pdf

Download (418kB)
[img] PDF
ABSTRAK_JoshuaTulenan.pdf

Download (19kB)
[img] PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_JoshuaTulenan.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
BAB_I_JoshuaTulenan.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_JoshuaTulenan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan kegiatan proses belajar mengajar yang terhubung melalui jaringan internet. Pembelajaran daring menjadi hal yang baru bagi para mahasiswa dan memerlukan adaptasi ketika melakukannya. Metode pembelajaran ini dapat mempengaruhi mahasiswa dalam memahami pembelajaran karena setiap mahasiswa mempunyai tingkat pemahaman yang berbeda dalam memahami materi pembelajaran.
Universitas Katolik De La Salle Manado merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bertugas untuk mendidik para mahasiswa. Selama pandemi, lembaga ini juga melaksanakan pembelajaran daring. Untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran, maka perlu dilakukan survey mengenai hal ini namun, hal ini belum dilakukan. Oleh karena itu, dibangun aplikasi untuk menentukan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran secara daring menggunakan metode algoritma C5.0 agar dapat diketahui hambatan ataupun pendukung mahasiswa dalam proses pemahaman pembelajaran. Proses dan cara kerja dari algoritma C5.0 pada aplikasi yang dibangun, yaitu dengan menghitung nilai entropy, information gain dan gain ratio dari setiap atribut, kemudian dari hasil perhitungan tersebut akan menghasilkan pohon keputusan dan aturan yang akan dipakai untuk klasifikasi tingkat pemahaman mahasiswa yang dikategorikan menjadi sangat paham, cukup paham dan tidak paham terhadap pembelajaran secara daring.
Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan CRISP-DM atau Cross-Industry Standard Process Model for Data Mining. Bahasa pemrograman yang digunakan, yaitu Python, CSS dan HTML. Untuk penggambaran langkah-langkah pembuatan aplikasi dan penerapan algoritma menggunakan Flowchart dan penggambaran aliran data digunakan DFD. Sumber data pada Tugas Akhir ini diambil dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada 198 mahasiswa.
Tugas Akhir ini memberikan hasil bahwa aplikasi implementasi algoritma C5.0 untuk menentukan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19 berhasil diimplementasikan dan berjalan cukup baik. Pohon keputusan yang terbentuk pada aplikasi menjadikan atribut komunikasi sebagai root dari pohon keputusan dan memberikan hasil akurasi tertinggi dari hasil pengujian 70% data uji dan 30% data latih, yaitu 65%, sedangkan nilai recall tertinggi diperoleh dari hasil pengujian 60 data uji dan 40% data latih dengan nilai 65%, dan nilai precision tertinggi diperoleh dari hasil pengujian 90% data uji dan 10 % data latih dengan nilai 62,25%.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pemahaman Mahasiswa, Algoritma C5.0, Data Mining.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tulenan, JoshuaNIM.18013120
Paseru, DebbyNIDN.0930097303
Kairupan, Indah YessiNIDN.0901029003
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:30
Last Modified: 01 Jul 2024 05:30
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3578

Actions (login required)

View Item View Item