Soriton, Gabril and Rachmadi, Ronald Albert and Tumewu, Tryadi Wilhelmus (2023) PENDEKATAN SERVICE QUALITY & QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK MODEL PENINGKATAN MUTU PELAYANAN (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Noongan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-LEMBAR_PENGESAHAN_GabrilSoriton.pdf Download (438kB) |
|
PDF
ABSTRAK_GabrilSoriton.pdf Download (90kB) |
|
PDF
KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI_GabrilSoriton.pdf Download (165kB) |
|
PDF
BAB_I_GabrilSoriton.pdf Download (18kB) |
|
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_GabrilSoriton.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang diartikan sebagai perbedaan pelayanan yang diterima secara langsung dengan layanan yang diharapkan oleh pelanggan. Yang dimaksudkan dengan pelanggan dalam hal ini ialah pasien, kepuasan dari pasien merupakan hal penting dalam memajukan citra Rumah Sakit yang menjadi garda terdepan melayani kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Noongan guna untuk memperhatikan kepuasan dari pasien dan bisa mendapatkan prioritas yang diinginkan oleh pasien. Analisis GAP memiliki tujuan utama yaitu dengan melihat kesenjangan antara harapan pasien dengan layanan yang didapatkan, sehingga dari nilai GAP didapatkan prioritas atribut yang bisa dijadikan pihak Rumah Sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada, didapatkan 9 atribut yang memiliki nilai kesenjangan yang significant >-1 yaitu Ketersediaan fasilitas ibadah yang memadai (-2,92), Ketersediaan fasilitas hiburan diruang inap (-2,41) Ketersediaan alat pemadam kebakaran di setiap sudut ruangan (-1,32), Tersedia call centre yang bisa dihubungi setiap saat (-1,25), Ketersediaan toilet yang bersih dan nyaman untuk pasien (-1,24), Ketersediaan kotak kritik dan saran bagi konsumen (-1,17), Kesigapan petugas administrasi yang melayani dengan cepat dan tepat (-1,08), Ketersediaan tempat charger untuk untuk ponsel pasien (-1,08), Ketersediaan alat kesehatan yang moderen dan canggih (-1,03). Dan pada analisis Quality Function Deployment didapatkan prioritas dari keinginan pasien pada semua atribut dan Customer Requirment didapatkan juga atribut yang bisa dijadikan prioritas Rumah Sakit untuk melaksanakan program kerja.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Analisis Servqual, Analisis QFD
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2024 05:02 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2024 05:02 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3528 |
Actions (login required)
View Item |