HUBUNGAN BEBAN KERJA GURU DENGAN TINGKAT STRES TERKAIT PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA FRATER DON BOSCO MANADO

WONGKAR, CLAUDIA THERESIA and Sepang, Mareyke Y. L. and Wetik, Syenshie Virgini (2022) HUBUNGAN BEBAN KERJA GURU DENGAN TINGKAT STRES TERKAIT PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA FRATER DON BOSCO MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_ClaudiaWongkar.pdf

Download (831kB)
[img] PDF
ABSTRAK_ClaudiaWongkar.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
DAFTAR_ISI_ClaudiaWongkar.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
BAB_I_ClaudiaWongkar.pdf

Download (23kB)
[img] PDF
BAB_II-LAMPIRAN_ClaudiaWongkar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Beban kerja guru selama masa pandemi covid-19 mengalami peningkatan dikarenakan perubahan proses pembelajaran yang terjadi begitu cepat dari tatap muka menjadi pembelajaran daring sehingga mengaharuskan guru untuk menguasai teknologi dan terjadinya perubahan kurikulum yang membuat guru dituntut lebih cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan stres. Apabila hal ini tidak teratasi maka akan berdampak pada kondisi kesehatan mental, fisik, emosional dan sosial guru selama proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan beban kerja guru dengan tingkat stres terkait pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di SMA Frater Don Bosco Manado
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasion (kuantitatif). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru yang berada di SMA Frater Don Bosco Manado dengan jumlah responden adalah 30 guru. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling yang dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Waktu penelitian di mulai bulan Februari – Juli 2022.
Hasil: Melalui uji korelasi non paremetrik spermans, beban kerja guru dengan tingkat stres terkait pembelajaran selama masa pandemi covid-19 menunjukkan p value = 0,018; dimana nilai-nilai tersebut menunjukkan p value < 0,05 sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel.
Kesimpulan: Terdapat hubungan positif beban kerja guru dengan tingkat stres terkait pembelajaran selama masa pandemi covid-19 yang dimana jika beban kerja guru ringan maka tingkat stres guru terkait perubahan pembelajaran tidak terjadi peningkatan.

Kata Kunci: Beban Kerja Guru, Tingkat stres, Pembelajaran selama masa pandemi covid-19
Kepustakaan: 9 Buku (2016 – 2020), 39 Jurnal (2017 – 2022)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WONGKAR, CLAUDIA THERESIANIM.18061040
Sepang, Mareyke Y. L.UNSPECIFIED
Wetik, Syenshie VirginiNIDN.0907098402
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 06 May 2024 02:25
Last Modified: 06 May 2024 02:25
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item