WONGKAR, CLAUDIA THERESIA and Sepang, Mareyke Y. L. and Wetik, Syenshie Virgini (2022) HUBUNGAN BEBAN KERJA GURU DENGAN TINGKAT STRES TERKAIT PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA FRATER DON BOSCO MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-KATA_PENGANTAR_ClaudiaWongkar.pdf Download (831kB) |
|
PDF
ABSTRAK_ClaudiaWongkar.pdf Download (114kB) |
|
PDF
DAFTAR_ISI_ClaudiaWongkar.pdf Download (144kB) |
|
PDF
BAB_I_ClaudiaWongkar.pdf Download (23kB) |
|
PDF
BAB_II-LAMPIRAN_ClaudiaWongkar.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Beban kerja guru selama masa pandemi covid-19 mengalami peningkatan dikarenakan perubahan proses pembelajaran yang terjadi begitu cepat dari tatap muka menjadi pembelajaran daring sehingga mengaharuskan guru untuk menguasai teknologi dan terjadinya perubahan kurikulum yang membuat guru dituntut lebih cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan stres. Apabila hal ini tidak teratasi maka akan berdampak pada kondisi kesehatan mental, fisik, emosional dan sosial guru selama proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan beban kerja guru dengan tingkat stres terkait pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di SMA Frater Don Bosco Manado
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasion (kuantitatif). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru yang berada di SMA Frater Don Bosco Manado dengan jumlah responden adalah 30 guru. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling yang dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Waktu penelitian di mulai bulan Februari – Juli 2022.
Hasil: Melalui uji korelasi non paremetrik spermans, beban kerja guru dengan tingkat stres terkait pembelajaran selama masa pandemi covid-19 menunjukkan p value = 0,018; dimana nilai-nilai tersebut menunjukkan p value < 0,05 sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel.
Kesimpulan: Terdapat hubungan positif beban kerja guru dengan tingkat stres terkait pembelajaran selama masa pandemi covid-19 yang dimana jika beban kerja guru ringan maka tingkat stres guru terkait perubahan pembelajaran tidak terjadi peningkatan.
Kata Kunci: Beban Kerja Guru, Tingkat stres, Pembelajaran selama masa pandemi covid-19
Kepustakaan: 9 Buku (2016 – 2020), 39 Jurnal (2017 – 2022)
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan | ||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 06 May 2024 02:25 | ||||||||
Last Modified: | 06 May 2024 02:25 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3480 |
Actions (login required)
View Item |