SUMUOTH, SINTIA and Ismanto, A. Yuni and Ratuliu, Gladis (2017) ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK GMIM EFRATA KELURAHAN PANDU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
Text
Skripsi (Sintia Sumuoth).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang: Stimulasi merupakan suatu rangsangan atau cara yang dikenalkan orangtua pada anaknya untuk mengetahui sesuatu. Perkembangan pada balita sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang diberikan oleh orangtua.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan pada perkembangan anak usia 4 - 5 tahun.
Metode: Desain penelitian ini yaitu penelitian observasional kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan terhadap sampel sebanyak 35 orang tua dan anak pada bulan Juni 2017 di Kelurahan Pandu. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan total sampling dengan analisis data menggunakan uji chi-square.
Hasil Penelitian: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan pada perkembangan anak usia 4 – 5 tahun dengan p value = 0,002.
Kesimpulan : Pengetahuan orang tua dalam penelitian ini sebagian besar dalam kategori pengetahuan kurang dan perkembangan anak sebagian besar normal, serta terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan pada perkembangan anak usia 4 – 5 tahun.
Kata Kunci: Pengetahuan orang tua, stimulasi perkembangan
Kepustakaan: (16 buku dan 20 jurnal)
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2018 07:27 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 01:22 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/348 |
Actions (login required)
View Item |