ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA SEBAGAI ACUAN UNTUK PEMELIHARAAN(Studi Kasus : Batas Kota Kotamobagu-Doloduo STA 26 + 300 (Desa Bumbungon) s/d STA 31 + 300 (Desa Siniyung)

POLUAN, THERESA P. and Manoppo, Fabian Johanes and Uguy, Richard W. V. (2023) ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA SEBAGAI ACUAN UNTUK PEMELIHARAAN(Studi Kasus : Batas Kota Kotamobagu-Doloduo STA 26 + 300 (Desa Bumbungon) s/d STA 31 + 300 (Desa Siniyung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_TheresaPoluan.pdf

Download (498kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_TheresaPoluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkerasan jalan merupakan bagian dari konstruksi jalan yang memberikan pelayanan bagi pengguna jalan. Namun, tidak semua jalan memiliki kondisi yang baik untuk di akses bagi para pengguna jalan termasuk Dari Batas Kota Kotamobagu-Doloduo STA 26 + 300 (Desa Bumbungon) s/d STA 31 + 300 (Desa Siniyung). Yang pada titik tertentu memiliki kerusakan yang berpengaruh bagi para pengguna jalan. Kerusakan jalan dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti kelebihan kapasitan muatan, meningkatnya volume kendaraan dan pemadatan lapisan tanah dasar yang kurang baik, serta saluran irigasi yang tidak sesuai dengan kapasitas air yang ada sehingga mengakibatkan air meluap sampai ke permukaan jalan.
Untuk mengetahui pengaruh nilai kondisi perkerasan jalan dan jenis pemeliharaan dari kerusakan jalan tersebut kita menggunakan metode pavement condition index (PCI) dan Bina Marga.Dan untuk mendapatkan nilai tersebut kita harus memilih beberapa segmen yang masing-masing segmennya di evaluasi dengan mengukur dimensi,identifikasi jenis dan tingkat kerusakan sehingga nilai PCI dan Bina Marga dapat di ketahui.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan Metode PCI dan Bina Marga terdapat perbedaan pada kategori kerusakan yang di tinjau yaitu pada Metode Bina Marga Kerusakan yang di tinjau 8 jenis kerusakan sedangkan pada Metode PCI ada 19 jenis yang di tinjau.Pada Metode Bina Marga memerlukan Data Lalu Lintas sedangkan pada Metode PCI tidak. Namun memiliki persamaan pada jenis penanganan yaitu pemeliharaan rutin,

Kata Kunci : Pavement Condition Index, Bina Marga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
POLUAN, THERESA P.NIM.19014016
Manoppo, Fabian JohanesUNSPECIFIED
Uguy, Richard W. V.NIDN.0921038207
Subjects: Teknik Sipil
UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:32
Last Modified: 19 Mar 2024 06:32
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item