ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIRUP AREN LE A-SUCRE DENGAN METODE SWOT

Victor, Inneke and Raton, Yulius Christian (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIRUP AREN LE A-SUCRE DENGAN METODE SWOT. UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
Analisis Strategi Pemasaran.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi potensi pasar untuk sirup aren Le A-Sucre yang diproduksi oleh UMKM L'Arbre Seho di Tomohon, Sulawesi Utara. Meskipun sirup aren menawarkan cita rasa khas dan manfaat nutrisi, penggunaannya belum sepenuhnya dikenal oleh masyarakat, menyebabkan permintaan yang masih rendah dibandingkan dengan varian gula aren lainnya. UMKM L'Arbre Seho berupaya memperkenalkan produknya dengan fokus pada kegiatan pemasaran di berbagai wilayah. Melalui analisis SWOT, faktor internal seperti kualitas produk, inovasi, reputasi diidentifikasi, sedangkan faktor eksternal menunjukkan kendala dalam kapasitas produksi dan sumber daya keuangan. Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi antara lain peningkatan kualitas produk, promosi digital, dan diversifikasi rasa. Untuk itu UMKM L'Arbre Seho diharapkan dapat menerapkan strategi yang telah diidentifikasi dengan analisa SWOT untuk memperluas pasar dan meningkatkan volume penjualan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan panduan strategis bagi UMKM L'Arbre Seho dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam pemasaran sirup aren Le A-Sucre.
Kata Kunci : Analisis strategi pemasaran, sirup aren Le A-Sucre, Metode SWOT

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Victor, InnekeNIDN.0003117101
Raton, Yulius ChristianNIDN.0409077102
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 25 Jan 2024 00:00
Last Modified: 25 Jan 2024 00:00
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item