PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 1 LIRUNG KECAMATAN LIRUNG

MELATO, ANGELYCHA JUANE and Kerangan, Johanis and Sumilat, Vervando Janter (2022) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 1 LIRUNG KECAMATAN LIRUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_AngelychaMelato.pdf

Download (554kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_AngelychaMelato.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Bencana alam adalah insiden yang mengancam dan mengganggu kehidupan manusia. Bencana alam dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, sampai dampak psikologis. Salah satu jenis dari bencana alam adalah gempa bumi. Dampak bencana alam gempa bumi menimbulkan korban yang meninggal salah satunya adalah anak-anak usia sekolah.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi dengan menggunakan metode talking stick terhadap tingkat pengetahuan siswa SMA Negeri 1 Lirung dalam menghadapi bencana alam gempa bumi.
Metode : Desain penelitian Quasi-Eksperiment rancangan One Group Pre and Post Test With Control Group Design. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lirung yang berusia 15-17 tahun sebanyak 88 responden. Jumlah 25 sampel pada setiap kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, sehingga terdapat 50 sampel dalam seluruh jumlah subjek penelitian. Metode yang digunakan non-probability sampling melalui purposive sampling. Waktu penelitian 19 mei- 27 mei 2022.
Hasil : Berdasarkan hasil dari uji t-test berpasangan Edukasi dengan metode Talking Stick terhadap tingkat pengetahuan siswa dalam menghadapi bencana alam Gempa Bumi sebelum diberikan edukasi hasil pre-test 41.20 dan meningkat setelah diberikan edukasi dengan nilai post-test 70.84 dengan selisih 29.6 (nilai p-value = 0.000). Sedangkan untuk kelompok kontrol hasil pre-test 45.44 dan hasil post-test 62.32 dengan selisih 16.88 ( nilai p-value=0.000)
Kesimpulan: Ada pengaruh tingkat pengetahuan sesudah diberikan edukasi dengan metode Talking-Stick dalam menghadapi bencana alam gempa bumi pada siswa di SMA Negeri 1 Lirung Kecamatan Lirung
Kata Kunci : Kesiapsiagaan Gempa bumi, tingkat pengetahuan, Talking Stick
Kepustakaan : 5 buku (2013-2021) dan 27 jurnal (2018-2022)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MELATO, ANGELYCHA JUANENIM.18061019
Kerangan, JohanisNIDN.0906018703
Sumilat, Vervando JanterNIDN.0927059103
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakutas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:49
Last Modified: 18 Dec 2023 03:36
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item