IMPLEMENTASI METODE K-MEANS UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENERBANGAN DI INDONESIA

Tolu, Chrisye Hizkia and Wikarsa, Liza and Kumenap, Vivie Deyby (2023) IMPLEMENTASI METODE K-MEANS UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENERBANGAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_ChrisyeTolu.pdf

Download (668kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_ChrisyeTolu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan penggunaan maskapai penerbangan telah mendorong persaingan yang ketat di industri ini dan mengharuskan maskapai untuk lebih memahami kebutuhan konsumen guna memberikan kepuasan yang lebih baik. Low Cost Carrier (LCC) melayani penerbangan dengan biaya murah dan pelayanan yang terbatas. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi jumlah penumpang yang menggunakan jasa LCC. Namun, LCC dituntut untuk dapat memahami apa yang diinginkan konsumen sehingga konsumen mendapatkan kepuasan.
Salah satu metode untuk menentukan tingkat kepuasan penumpang adalah K-means clustering yang dapat mengategorikan objek sesuai dengan atribut atau karakteristik yang sama ke dalam sekumpulan grup. Dalam penelitian ini, dibangun suatu aplikasi yang dapat menentukan tingkat kepuasan layanan maskapai LCC di Indonesia dengan mengimplementasikan algoritma K-means. Kualitas layanan dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan terhadap sesuatu yang diberikan dan dapat diukur. Lima kriteria yang dipakai untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang adalah bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Variabel dependen dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan yang dibedakan menjadi 5 tingkatan, yaitu sangat tidak puas, tidak puas, cukup puas, puas, dan sangat puas. Terdapat 4 maskapai yang menerapkan layanan LCC, antara lain Lion Air, City Link, Air Asia, dan Wings Air.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua fitur berjalan dengan baik dan sesuai harapan sehingga aplikasi dapat memberikan hasil pengelompokan tingkat kepuasan layanan maskapai penerbangan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pemilihan centroid awal memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil akhir dari pengelompokan tingkat kepuasan, menegaskan pentingnya langkah ini dalam mendapatkan hasil yang akurat dan representatf.

Kata kunci: K-Means, Layanan, Penerbangan, Maskapai, Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tolu, Chrisye HizkiaNIM.16013079
Wikarsa, LizaNIDN.0912047902
Kumenap, Vivie DeybyNIDN.0903018901
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:06
Last Modified: 12 Sep 2023 05:06
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item View Item