EVALUASI FAKTOR – FAKTOR KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT GUNUNG MARIA TOMOHON

Rengkung, Grasella Stefani and Opit, Prudensy Febreine and Tumewu, Tryadi Wilhelmus (2022) EVALUASI FAKTOR – FAKTOR KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT GUNUNG MARIA TOMOHON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_GrasellaRengkung.pdf

Download (526kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_GrasellaRengkung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan diartikan sebagai perbedaan pelayanan yang diterima langsung dengan apa yang diharapkan pelanggan. Pelanggan yang dimaksud dalam hal ini adalah pasien yang merupakan bagian yang penting dalam perkembangan sebuah rumah sakit. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap pasien di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Analisis faktor memiliki tujuan utama yaitu untuk mereduksi variabel dengan cara membentuk faktor guna mempertahankan variasi dari data asli. Faktor-faktor yang terbentuk bisa satu atau lebih tergantung dari hasil perhitungan yang didapatkan. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari factor analysis didapati 2 faktor yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Faktor 1 didapati 2 atribut yang dapat diperbaiki yaitu Reliability, Responsiveness, dan Empathy. Sedangakan untuk faktor 2 yaitu Tangible dan Assurance.Faktor-faktor yang didapati yaitu untuk faktor 1 terdapat 2 atribut yaitu Tangible dengan usulan perbaikan yaitu melakukan pembersihan ruangan lebih rutin dan mengatur agar ruang rawat inap tertata rapi. Atribut yang kedua yaitu Assurance dengan usulan perbaikan yaitu pihak RS harus menyiapkan lebih dokter spesialis agar pasien yang datang dapat terlayani. Reliability dengan usulan perbaikan yaitu lebih memperhatikan pelayanan yang akan diberikan yang sesuai dengan ketentuan yang diterapkan di RS. Responsiveness dengan usulan perbaikan yaitu dokter memberikan penjelasan akan penyakit yang diderita dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pasien maupun keluarga pasien. Empathy dokter dapat memberikan hal-hal positif yang dapat membantu pasien untuk tidak terfokus pada penyakit yang diderita.

Kata Kunci : Analisis Faktor, Dimensi Kualitas, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rengkung, Grasella StefaniNIM.18012020
Opit, Prudensy FebreineNIDN,0915028201
Tumewu, Tryadi WilhelmusNIDN.0904058801
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:34
Last Modified: 08 Sep 2023 05:34
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item