MODEL SIMULASI SISTEM JASA (Studi Kasus : Bank SulutGo Kantor Cabang Bitung)

Mantiri, David Brando and Raton, Yulius Christian and Tumewu, Tryadi Wilhelmus (2022) MODEL SIMULASI SISTEM JASA (Studi Kasus : Bank SulutGo Kantor Cabang Bitung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_DavidMantiri.pdf

Download (469kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_DavidMantiri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini terdapat ratusan bank yang telah hadir di Indonesia, baik bank swasta maupun bank pemerintah. Banyaknya bank yang hadir di Indonesia membuat tingkat persaingan di industri perbankan semakin tinggi. Pelayanan yang baik dalam suatu bank juga dapat diukur dengan waktu menunggu yang singkat bagi nasabah. Salah satu faktor yang menentukan kualitas pelayanan adalah kapasitas pelayanan dalam periode waktu tertentu dan kecepatan waktu proses pelayanan karena umumnya nasabah mengharapkan layanan yang cepat dan memuaskan.bagaimana kinerja sistem pelayanan pada teller dan costumer service menurut hasil simulasi menggunakan software ProModel pada Bank SulutGo Kantor Cabang Bitung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh model simulasi sistem jasa yang dapat mengurangi waktu tunggu nasabah serta mengoptimalkan kinerja teller dan costumer service pada Bank SulutGo Kantor Cabang Bitung. Dalam penelitian ini akan digunakan metode simulasi untuk memberikan solusi bagi pihak Bank SulutGo Kantor Cabang Bitung dalam menentukan jumlah teller dan costumer service yang harus dibuka untuk mengurangi masalah antrian nasabah yang terlalu panjang dan lama. Hasil running simulsai sistem nyata diperoleh rata-rata nasabah terlayani sebesar 57 orang, waktu rata-rata nasabah menunggu adalah 25.68 menit serta utilitas teller sebesar 30,72 % dan utlititas customer service 48,04 %. Skenario terbaik adalah skenario 3 karena dapat menaikkan utilitas pada teller dan costumer service dengan rata-rata waktu menunggu yang tidak terlalu banyak tetapi rata-rata nasabah menjadi berkurang. Hasil running simulasi skenario 3 diperoleh rata-rata nasabah terlayani adalah 48 orang, waktu rata-rata nasabah menungu adalah 29,73 menit serta utilitas teller sebesar 58,35 % dan utilitas costumer service sebesar 76,59 %.

Kata Kunci: Bank, Simulasi, Software ProModel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mantiri, David BrandoNIM.18012022
Raton, Yulius ChristianNIDN.0409077102
Tumewu, Tryadi WilhelmusNIDN.0904058801
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:44
Last Modified: 08 Sep 2023 02:44
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item