ASPEK AFEKTIF PADA MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA (MOBA) MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING

Kountul, Hedwig Jelita and Rachmadi, Ronald Albert and Tumewu, Tryadi Wilhelmus (2022) ASPEK AFEKTIF PADA MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA (MOBA) MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_HEDWIGKOUNTUL.pdf

Download (797kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_HEDWIGKOUNTUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut manusia untuk lebih banyak berinteraksi secara digital, untuk mengimbangi perkembangannya banyak perusahaan yang berinovasi dengan menciptakan aplikasi yang unik dan menguntungkan bagi perusahaan. Salah satu industri yang terdampak dari perkembangan teknologi ini adalah industri game, terutama game online. Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi game online genre MOBA berdasarkan aspek afektif. Proses pengambilan data menggunakan dua kuesioner yang dibagikan menggunakan goole form. Kuesioner pertama dengan 100 responden digunakan untuk mengumpulkan keinginan pemain MOBA yang akan diolah menjadi kansei words, sedangkan kuesioner kedua dengan 100 responden untuk setiap spesimen digunakan untuk mengumpulkan persepsi pemain terhadap ML dan AOV. Metode yang digunakan adalah Kansei Engineering, yaitu metode yang dapat memahami kansei pemain, menganalisis, serta mewujudkan kansei ke dalam desain permainan. Terdapat 28 kansei words yang digunakan dalam analisis faktor KMO untuk ML dan 26 kansei words untuk AOV. Hasilnya pada ML terdapat 5 dari 6 faktor yang mempengaruhi MOBA, sedangkan pada AOV terdapat 5 faktor yang mempengaruhi MOBA. Faktor 1 pada ML berisikan kansei words easy to play, aggressive, challenging, smooth, organized map, awards through tournaments, dan enthusiastic, sedangkan faktor 1 pada AOV berisikan kansei words aggressive, Indonesian culture, scary, spacious, related, simple, dan variety. Kedua faktor tersebut memiliki jumlah kansei words yang sama yaitu 7, dengan kansei word aggressive yang terdapat pada kedua faktor.

Kata Kunci: MOBA, aspek afektif, kansei engineering, kansei words, analisis faktor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kountul, Hedwig JelitaNIM.18012018
Rachmadi, Ronald AlbertNIDN.0918127201
Tumewu, Tryadi WilhelmusNIDN.0904058801
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:42
Last Modified: 18 Aug 2023 03:42
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item