PENGARUH BELAJAR VIRTUAL TERHADAP PRESTASI ANAK SMP KELAS IX PADA MASA COVID-19 DI SMP KRISTEN WORI DI DARUNU

DAMARE, MELINIA MARIA and Ake, Julianus and Polii, Grace B. (2021) PENGARUH BELAJAR VIRTUAL TERHADAP PRESTASI ANAK SMP KELAS IX PADA MASA COVID-19 DI SMP KRISTEN WORI DI DARUNU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
Skripsi (Melinia M. Damare) UNIKA De La Salle Manado.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 merupakan wabah virus yang merebak di seluruh penjuru dunia dan dampaknya sangat luar biasa bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat terutama pendidikan. Pemerintah harus mengubah sistem pembelajaran tatap muka langsung menjadi pembelajaran sistem virtual. Hal ini akan berdampak terhadap prestasi belajar anak.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar virtual terhadap prestasi belajar anak SMP kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di SMP Kristen Wori di Darunu.
Metode: Jenis penelitian adalah observasi bersifat analitik dengan desain penelitian cross sectional. Responden pada penelitian adalah siswa kelas IX dengan jumlah 26 responden.
Uji statistik yang digunakan yaitu uji Chi square dengan derajat atau taraf kepercayaan 95% (CI: 95, α = 0.05) H1 diterima bila α < 0.05 dan H0 diterima bila α ≥ 0.05.
Hasil: Hasil analisa menunjukan ada pengaruh antara belajar virtual dengan prestasi anak SMP kelas IX pada masa pandemi Covid-19 dengan p-value p= 0.001 (p <0.05).
Kesimpulan: Terdapat pengaruh signifikan antara belajar virtual dengan prestasi anak SMP kelas IX pada masa pandemi Covid-19 di SMP Kristen Wori di Darunu.

Kata kunci : Belajar Virtual, Covid-19, Prestasi Belajar.
Kepustakaan : Buku 5 jurnal 35 (2018-2021).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DAMARE, MELINIA MARIANIM.17061020
Ake, JulianusUNSPECIFIED
Polii, Grace B.NIDN.0908058501
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:09
Last Modified: 01 Aug 2023 03:09
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item