Telah, Albrian Meyrekel and Adrian, Angelia Melani and Kafrain, I Gede Yohan (2022) ANALISIS KONDISI PERKERASAN JALAN DARI HASIL SURVEI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)(Studi Kasus: Ruas Jalan Batas Kota Manado – Tumpaan STA 15+900 – STA 20+900). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_AlbrianTelah.pdf Download (899kB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_AlbrianTelah.pdf Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
Abstract
Jalan raya merupakan suatu lintasan dengan maksud dan tujuan untuk kegiatan serta aktifitas lalu lintas kendaraan. Lintasan sendiri memiliki arti yaitu, jalan tanah yang telah diperkeras ataupun jalan tanah tanpa diperkeras. Sedangkan lalu lintas berarti semua benda dan makhluk hidup yang melewati jalan tersebut. Sama seperti prasarana transportasi lainnya, jalan raya setelah ada proses pembangunan, perlu diperhatikan juga proses maintenance yang berarti pemeliharaan dan juga perbaikan apabila terjadi kerusakan. Dengan ada banyaknya aktifitas yang terjadi di atas permukaan jalan raya, itu menjadi sebab pada kerusakan yang terjadi pada ruas jalan raya tersebut. Kerusakan yang ada di permukaan jalan raya ini dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara dan juga efektivitas jalan raya yang bisa mempengaruhi keadaan lalu lintas.
Penelitian ini dilakukan pada lokasi survei pada ruas jalan yang melalui beberapa wilayah di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Lebih tepatnya penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Batas Kota Manado – Tumpaan STA 15+900 - 20+900, dengan total panjang seluruh ruas jalan 40 km. Dengan total panjang segmen tinjauan yang disurvei yaitu sepanjang 5 km dengan lebar perkerasan jalan 6 meter. Untuk pembagian segmen per 50 m, didapatkanlah total segmen yaitu sebanyak 100 segmen. Pelaksanaan survei dilakukan secara langsung pada kondisi cuaca cerah dengan berjalan kaki. Dengan menggunakan alat bantu mulai dari alat pelindung diri, alat ukur, alat tulis sampai alat dokumentasi. Data yang akan dikumpulkan berupa data kerusakan jalan mulai dari jenis dan luas kerusakan sampai dengan dokumentasi. Data survei ada dua sumber yaitu: data primer yang merupakan data kerusakan jalan dari hasil survei, beserta dengan data sekunder berupa informasi umum ruas jalan yang merupakan data pendukung dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Utara.
Pada ruas jalan ini, ditemukan ada 10 jenis kerusakan berbeda yaitu retak buaya, retak memanjang, cekungan, keriting, amblas, tambalan, lubang, alur, mengembang jembul, dan pelepasan butir. Dengan persentase tiap jenis kerusakannya yaitu: retak buaya (0,0044), retak memanjang (0,0043), cekungan (0,0021), keriting (0,0036), amblas (0,00003), tambalan (0,0323), lubang (0,0002), alur (0,0006), mengembang jembul (0,0004), dan pelepasan butir (0,0030). Dengan menggunakan metode PCI, didapatkan nilai PCI keseluruhan sebesar 78,6 yang berarti kondisi jalan keseluruhan Sangat Baik (Very Good).
Kata Kunci: Analisis, Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI)
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | Teknik Sipil UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Depositing User: | UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:32 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:32 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2865 |
Actions (login required)
View Item |